5 Alasan Sebenarnya Kenapa Kamu Harus Memisahkan Sampah

Sudah sejak lama kita diajarkan untuk bisa memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya sebelum dibuang ke tong sampah besar. Ya karena memang hal ini juga demi kebaikan kita dan juga lingkungan kita. Dengan kita memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya.

Maka bisa dipastikan nantinya proses daur ulang pun akan lebih mudah. Yang paling lumrah mungkin di sini adalah antara sampah organik dan juga nonorganik. Padahal memang sebetulnya masih banyak jenis – jenis sampah bisa dipisahkan.

Namun memang yang paling terpenting adalah manfaat dari pemisahan sampah tersebut. Ini dia :

  1. Untuk mempermudah proses daur ulang

Sebetulnya sampah itu tidak sampai akan mengotori lingkungan kita apabila dikelola dengan baik. Sampah – sampah yang didaur ulang menjadi barang pakai lagi pasti membuat kita tidak akan memiliki masalah dengan yang namanya limbah atau sampah.

Banyak sekali sampah – sampah yang bisa kita daur ulang seperti misalnya botol minuman, kaleng minuman atau kaleng bekas makanan yang sebetulnya bisa disulap menjadi barang – barang yang lebih berguna.

Misalnya, plastik – plastik sachetan bisa diolah menjadi taplak meja dan juga tas. Kaleng bisa kamu daur ulang menjadi pot bunga, pas bunga, dll. Nah dengan kamu mendaur ulang sampah – sampah ini, tentu sampah – sampah pun tidak banyak yang terbuang begitu saja ke lingkungan. Sehingga bisa lebih bersih lingkungan kita.

  • Untuk menjaga kesehatan masyarakat

Kamu juga pasti tau kan mengenai sampah B3 ? Ya sampah B3 adalah sampah beracun dan berbahaya. Keberadaan sampah ini di sekitar kita tentu sangatlah banyak. Misalnya batu baterai, minyak wangi, cairan untuk setrika, lotion anti nyamuk, cairan anti nyamuk, dll.

Biasanya, sifat – sifat dari sampah B3 ini adalah beracun, mudah terbakar, yang mananya intinya sangat berbahaya dan tidak boleh main – main dengannya. Andai saja sampah – sampah ini dibuang sembarangan ke lingkungan dan akhirnya bercampur, apakah yang terjadi ? Tentu akan sangat merusak lingkungan dan membuat lingkungan rusak.

Dengan kita memisahkan, mengelola, dan mendaur ulang  sampah – sampah yang ada, itu berarti kita turut membantu untuk mengurangi sampah – sampah yang dibuang ke laut.

Nah itulah beberapa alasan kenapa sebetulnya kamu harus memisahkan sampah. Sangat banyak kan manfaatnya ?

Leave a Comment