5 Fungsi Merchandise Untuk Promosi Bisnis Anda

Merchandise Perusahaan

Merchandise merupakan segala sesuatu yang berbentuk barang maupun produk yang ditujukan sebagai cendera mata atau hadiah. Merchandise diberikan kepada para konsumen secara cuma-Cuma  karena telah mengikuti suatu kegiatan yang diadakan oleh suatu perusahaan.

Tujuan dari diberikannya merchandise perusahaan ini adalah sebagai media promosi. Selain itu juga untuk menonjolkan keistimewaan sebuah produk perusahaan serta memberikan kesan yang mendramatisir . Oleh karena itu, merchandise banyak digunakan oleh perusahaan karena memiliki fungsi yang banyak. Berikut 5 fungsi merchandise perusahaan:

  1. Branding perusahaan

Merchandise dibuat dan diberikan guna sebagai brand dari suatu produk atau jasa perusahaan tertentu. Contohnya seperti mug yang disablon logo perusahaan  dan diletakan diatas meja, maka akan dengan mudah mengingatkan pada orang atau perusahaan yang memberikannya.

  • Sebagai ciri khas

Memberikan merchandise kepada para konsumen akan memberikan ciri khas tersendiri. Di zaman persaingan usaha yang semakin ketat ini perusahaan yang cenderung  memberikan banyak promosi atau souvenir akan lebih dianggap baik dan banyak dipilih, sehingga menjadi top of mind brand pada ingatan konsumen.

  • Bentuk ucapan terima kasih

Hal ini merupakan apresiasi terhadap seseorang atau client yang telah memenuhi undangan dalam acara perusahaan. Dengan memberikannya cendera mata bisa menjadi tanda ucapan terima kasih atas kehadirannya dalam acara tersebut.

  • Sistem promosi berantai

Pemberian souvenir ini juga bisa menjadi senjata pemasaran yakni dari satu konsumen kepada konsumen lainnya. Contohnya seperti bolpoin yang biasa digunakan oleh para konsumen mencatat dan umumnya kemana-mana selalu dibawa. Dengan desain bolpoin yang unik maka banyak kemungkinan jika orang yang melihat akan menginginkannya dan akan bertanya dimana bolpoin tersebut dapat ditemukan.

  • Sebagai penarik konsumen

Dengan pemberiannya yang secara cuma-Cuma maka akan menjadi magnet bagi konsumen lain yang melihatnya. Dengan melihat keramaian yang sedang terjadi di perusahaan atau bisnis yang baru dibuka, maka akan banyak orang yang nantinya akan mampir ke stand.

Dengan berbagai fungsi merchandise di atas tentu anda ingin melakukannya bukan? agar nantinya perusahaan atau bisnis anda dapat dikenal oleh banyak orang dan menjadi ramai konsumen.

Leave a Comment