alat kesehatan ruang icu

3 Alat Kesehatan Khusus Di Ruang ICU

ICU merupakan kepanjangan dari Intensive Care Unit yakni sebuah unit penanganan khusus yang diperuntukkan bagi pasien dengan kondisi kritis dan atau tidak stabil dan perlu mendapatkan perawatan intensif. Ruang ICU biasanya terdapat di rumah sakit rujukan seperti rumah sakit umum baik milik pemerintah ataupun swasta.

Setiap Unit dalam sebuah fasilitas kesehatan seperti rumah sakit memiliki standar peralatan tersediri tidak terkecuali pada ruang ICU. Sebagai ruangan khusus untuk perawatan pasien dengan kondisi kritis ruang icu juga dibekali dengan perangkat medis khusus yang berfungsi untuk penunjang proses perawatan guna kesembuhan pasien.

3 Alat Kesehatan Di Ruang ICU

Selain alat kesehatan umum, di dalam ruangan ini dilengkapi dengan beberapa alat khusus dimana tidak terdapat alat tersebut di ruang rawat inap biasa. Berikut contohnya :

1. Pasien Monitor

Pasien monitor merupakan alat Elektromedik yang digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi fisiologis pasien seperti detak jantung, irama (ritma) jantung, saturasi oksigen (kadar oksigen dalam darah), tekanan darah hingga suhu tubuh pasien. Alat ini dapat menunjukan nilai dari semua parameter medis tersebut secara langsung (real time) selama 24 jam. Dengan alat ini dokter dapat dengan mudah mengecek kondisi pasien dan juga lebih mudah memberikan tindakan ketika kesehatan pasien menurun.

2. Ventilator

Ventilator merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk membantu mengatasi gangguan pernapasan pasien dengan kondisi yang cukup berat. Ventilator bertugas untuk menggantikan sebagian atau seluruh fungsi paru – paru dalam waktu sementara. Biasanya alat ini dipasang pada pasien gangguan saluarna pernafasan yang berat seperti kondisi terkini yang dialami pasien yang tertular Covid 19. Sayangnya alat ini sekarang sulit sekali didapatkan, yang biasanya selalu bisa kita temukan di toko atau tempat supplier alat kesehatan dimanapun.

3. Syringe Pump & Infus Pump

Syringe Pump dan Infus Pump memang dua buah alat kesehatan. Ada kesamaan dan ada juga perbedaanya, namun alat ini umumnya terdapat di dalam ruang ICU rumah sakit. Syringe Pump berfungsi untuk mengatur laji aliran obat yang diberikan pada pasien dengan dosis kecil dan teratur secara automekanis. Begitu juga dengan infus pump, hanya saja alat ini digunakan untuk mengatur laju aliran infus.

Itulah 3 macam alat kesehatan yang khusus digunakan di ruang ICU dan ruangan sejenisnya. Alat ini tidak kita temukan di ruang rawat inap biasa. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Comment