Yuk Cari Tahu, Bahan Baku Pembuatan Kertas Adalah….

Tahukah kalian bahan baku pembuatan kertas adalah… Nah kali ini mimin akan memberikan informasi mengenai bahan baku pembuatan kertas berikut ini.

Sejak zaman dahulu, kertas telah diproduksi sebagai hasil olahan bahan yang diperoleh dari alam. Hal tersebut masih mempengaruhi produksi kertas hingga saat ini. Meski begitu, sudah banyak inovasi untuk menghasilkan kertas.

Bahan Baku Pembuatan Kertas Adalah…

Bahan Baku Pembuatan Kertas Adalah

Berikut ini adalah daftar bahan baku pembuatan kertas adalah , antara lain:

1. Kayu

Bahan baku pembuatan kertas adalah – Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas umumnya kayu akasia dan kayu sengon.

Kedua jenis kayu tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi dan minim air, sehingga cocok untuk diolah menjadi kertas.

Oleh karena itu, dibuatlah Hutan Tanaman Industri untuk menanam pohon ini untuk kebutuhan industri.

Kayu sengon dan kayu akasia kemudian diolah menjadi bubur kertas atau yang dikenal dengan pulp.

Produk olahan tersebut kemudian diolah kembali menjadi kertas. Biasanya pulp juga ditambahkan ke beberapa jenis komposisi lain jika ingin menghasilkan jenis kertas yang berbeda.

Baca Juga :

2. Bambu

Penggunaan bambu sebagai bahan baku kertas banyak dilakukan oleh penduduk di kawasan Asia, terutama China, Jepang, dan Korea.

Karena ketiga negara ini memiliki produksi bambu yang sangat tinggi. Belum lagi fakta bahwa kertas dari bambu harganya relatif lebih murah dibandingkan bahan lainnya.

3. Papirus

Pohon papirus tumbuh subur, sehingga sering ditemukan di Mesir. Karena itu, kebanyakan kertas Mesir terbuat dari papirus.

Hanya saja untuk menghasilkan kertas yang berkualitas, diperlukan juga papirus yang berkualitas. Sayangnya jenis ini cukup sulit ditemukan, sehingga harganya cenderung lebih mahal.

4. Kulit Hewan | Bahan Baku Pembuatan Kertas Adalah

Bahan baku pembuatan kertas adalah – Bukan hanya tumbuhan saja yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan kertas. Hewan juga bisa menjadi alternatif lain yang cukup bagus.

Dalam hal ini, kulit domba yang digunakan, karena memiliki tekstur yang kering. Kertas dari bahan baku ini banyak digunakan di kalangan kerajaan.

Bahan Baku Alternatif Pembuatan Kertas

Kajian tentang analisis bahan alternatif pengolahan dalam pembuatan kertas yang dimuat dalam jurnal Inkofar Desember 2017 menemukan beberapa alternatif bahan baku pembuatan kertas, antara lain:

1. Tebu dan Limbah Kertas

Tekstur keras, kasar, getas, ikatan partikel padat, dan munculnya serat-serat yang timbul pada permukaan kertas merupakan hasil perpaduan antara tebu dan limbah kertas.

Berdasarkan hasil penelitian ini, kombinasi limbah tebu dan limbah kertas sangat cocok digunakan sebagai kertas seni.

2. Batang Pisang | Bahan Baku Pembuatan Kertas Adalah

Siapa sangka, ternyata ampas batang pisang berpotensi untuk dijadikan bubur kertas dalam skala industri kimia.

Karena pulp yang dihasilkan batang pisang lebih baik dibandingkan dengan rentang rendemen pulp industri pulp kimia yang berkisar antara 35 – 63 persen.

Dengan demikian, ampas batang pisang telah masuk dalam standar mutu bubur kertas yang memenuhi syarat untuk bubur kertas skala industri.

3. Kulit Jagung, Tongkol Jagung, dan Daun Jati

Sama halnya dengan tebu dan limbah kertas, kombinasi kulit jagung, tongkol jagung, dan daun jati juga mampu menghasilkan kertas seni.

Untuk proses pembuatannya, disarankan menggunakan kulit jagung mentah yang sudah kering. Sedangkan untuk tongkol jagung bisa menggunakan yang masih muda atau yang sudah tua.

Perbedaan tingkat kesadahan antara tongkol jagung dan kulit jagung membutuhkan proses pemasakan dengan menggunakan waktu yang berbeda.

Proses penggilingan (blender) juga dianjurkan dilakukan sedikit demi sedikit agar pulp yang dihasilkan lebih halus.

Begitu juga dalam proses pencetakan, pengeringan, dan pewarnaan. Semuanya harus dilakukan dengan hati-hati agar kualitas art paper yang dihasilkan lebih baik.

4. Sedotan | Bahan Baku Pembuatan Kertas Adalah

Tekstur dan serat yang unik pada jerami padi menjadi salah satu faktor yang menjadikannya sebagai bahan baku alternatif pembuatan kertas.

Art paper yang dihasilkan dari jerami padi dapat dibuat dalam bentuk kotak tisu, tempat pensil, dan bingkai foto.

Tingkat kualitas art paper yang dihasilkan tergantung dari pembuatnya. Perawatan dan detail dalam proses pembuatan akan mempengaruhi tekstur, warna, dan gaya visual.

Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Selulosa Mikroba Nata de Cassava

Kombinasi pulp Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) dan pulp Selulosa Mikroba mampu menghasilkan kertas dengan daya serap air yang rendah.

Hasil ini diasumsikan dapat menggantikan pulp kayu, sehingga nantinya kertas yang dihasilkan dari kombinasi pulp TKKS dan selulosa mikroba juga dapat digunakan sebagai kertas tulis, kertas gambar, kertas kalkir, dan kertas emas.

Itulah beberapa alternatif bahan baku pembuatan kertas yang dapat dipertimbangkan dalam industri kertas. Layaknya sebuah peradaban, kertas juga perlu diteliti dan dikembangkan.

Semakin banyak penelitian yang dilakukan terhadap bahan baku pembuatan kertas, maka semakin banyak alternatif bahan baku yang dapat digunakan. Tujuannya tak lain adalah keseimbangan.

Leave a Comment