Biografi Perjalanan Karir Chungha Sang “Dance President”

Biografi Perjalanan Karir Chungha Sang “Dance President”

Chungha adalah penyanyi yang berasal dari Korsel di bawah naungan MNH Entertaintment. Ia seorang main dancer dari sebuah project group yang bernama I.O.I. 

Dikenal saat bersaing dalam sebuah survival show, Produce 101, di mana ia menduduki peringkat 4 babak final, maka ia didebutkann dalam sebuah project girl group I.O.I sampai pembubarannya pada akhir Januari 2017. Pada 1 Juli 2019, diumumkan I.O.I akan mengadakan reuni pada bulan Oktober dengan sembilan anggota, Chungha menjadi salah satu dari mereka. Dia debut sebagai penyanyi solo pada 6 Juni 2017, dengan mini album ‘Hands on Me’.

Chung Ha dilahirkan tanggal 9 Februari 1996 di Korea Selatan. Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan awalnya kecuali bahwa ia pindah ke Amerika, tepatnya di Dallas, Texas selama masa kecilnya, sehingga ia mahir berbahasa Inggris, tetapi pindah kembali ke Korea Selatan untuk menjadi penyanyi. Sebelum menjalani trainee, ia juga dulu sempat bekerja part time di toko hewan, restoran serta kafe. Setelah itu ia mengikuti audisi yang diadakan YG Entertainment, tetapi gagal. Dia juga mengikuti audisi untuk JYP Entertainment dan berhasil menjadi trainee tetapi kemudian berhenti. Kemudian dia akhirnya menjadi trainee MNH Entertainment.

Pada bulan Januari 2016, Chung Ha mewakili agensinya di acara Produce 101 dan menempatkan peringkat ke empat dengan total 403.633 suara sehingga ia berada di sebuah girlgrup I.O.I. Grup ini menjalani debit resmi pada 4 Mei dengan judul lagu “Dream Girls”. Kemudian di tanggal 9 Agustus, sub-unit melakukan comeback dengan merilis single, “Whatta Man”. Keterampilan Chung Ha sebagai “Dance President” sebagian besar dicatat selama comeback karena sebenarnya terungkap bahwa tiga tim dihubungi untuk membuat koreografi untuk lagu tersebut, kemudian koreografi Chung Ha dipilih karena dianggap sebagai kualitas tertinggi. Grup kemudian melakukan comeback terakhirnya dengan “Miss Me?’ dengan lagu berjudul “Very Very Very” pada 17 Oktober.

I.O.I kemudian merilis single terakhir mereka “Downpour” pada 17 Januari 2017, dan grup akhirnya bubar pada 31 Januari. Pada 14 Maret, dilaporkan bahwa Chung Ha akan secara resmi memulai debutnya sebagai penyanyi solo. Pada 12 April, sebuah film pratinjau untuk pra-rilisnya “Week” dirilis dengan teaser video musik keluar pada 19 April. Pada 21 April, single ini dirilis secara digital dengan video musik yang menyertainya. Chung Ha menggambarkan lagu itu “adalah tentang kekosongan yang dia rasakan ketika jadwalnya menurun setelah pembubaran I.O.I.”

Pada tanggal 16 Mei, diumumkan bahwa Chung Ha sedang bersiap untuk melakukan debutnya dengan jadwal lengkap yang diposting pada tanggal 24 Mei. Pada tanggal 28 Mei, teaser pertama dikeluarkan dengan lebih banyak lagi datang di kemudian hari. Akhirnya pada tanggal 7 Juni, album debutnya “Hands on Me” dirilis bersamaan dengan video musik untuk judul lagu album “Why Don’t You Know”, serta showcase-nya pada hari yang sama. Pada hari berikutnya, ia membuat penampilan publik pertamanya sebagai penyanyi solo di Mnet M! Countdown melakukan “Why Don’t You Know” dan intro dari album yang sama.

Leave a Comment