cara bikin kue akar kelapa

Yuk Intip Cara Bikin Kue Akar Kelapa yang Lezat Dengan Cara Yang Mudah

Banyak yang sudah membahas artikel cara bikin kue akar kelapa. Karena memang banyak orang yang sangat memfavoritkan kue ini. Selain enak rasanya,cara buatnya pun mudah. Banyak sekali yang menjualnya di pasaran.

Kelapa 

Buah kelapa merupakan buah tropis yang terbuat dari tanaman Cocos nucifera yang termasuk dalam famili Arecaceae atau Palm Paleman. Buah kelapa berbentuk bulat di beberapa sisi, agak miring dan seukuran kepala manusia. Warna buah kelapa hijau bahkan ada yang kuning tergantung varietasnya.

Daging buah kelapa dibungkus pada kulit luar berupa ijuk tebal dan bagian dalam berupa kayu keras atau tempurung. Batok kelapa menutupi daging buah putih bersih dan sari buah. Air yang terkandung pada buah bening agak keruh, rasanya manis dan menyegarkan.

Habitat tanaman kelapa adalah dataran rendah tropis. Tanaman ini memiliki toleransi yang tinggi terhadap tanah dengan salinitas tinggi, sehingga sering tumbuh di pesisir pantai. Meski begitu, pohon kelapa bisa tumbuh di dataran tinggi, namun perkembangannya lebih lambat.

Kelapa juga bisa dibuat sebagai cocomesh jaring sabut kelapa. Bahkan banyak sekali yang menjualnya.

Manfaat Pohon Kelapa Dan Buahnya

1. Daging Buah Kaya Nutrisi dan Serat

Ketika kita berbicara tentang kelapa, pikiran kita langsung membayangkan daging buahnya yang putih, tebal dan manis. Satu cangkir (80 gram) daging kelapa segar mengandung total 283 kalori, 3 gram protein, 10 gram karbohidrat, 27 gram lemak, 5 gram gula, 7 gram serat, dan cukup untuk 60 persen kebutuhan Anda.

Kebutuhan mangan harian, kata situs Health Line. Selain itu, daging kelapa kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin. Serat pada daging kelapa dapat menyehatkan usus dan memperbaiki sistem pencernaan. Daging kelapa juga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Asyiknya, makan daging kelapa secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan!

2. Air Kelapa Bermanfaat untuk Memerangi Diabetes

Saat sedang kepanasan di pantai, meminum segelas air kelapa muda terasa menyegarkan! Tak hanya segar, banyak sekali manfaat di balik air kelapa muda. Secangkir air kelapa 240 ml mengandung 46 kalori, 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein dan cukup untuk 10 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

Mengkonsumsi air kelapa dapat mengurangi radikal bebas, menurunkan kadar gula darah, melawan diabetes, mencegah batu ginjal, mengurangi risiko gangguan jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah dehidrasi, dan mengandung antioksidan, jelas situs Health Line. Segelas bergizi!

3. Minyak Dapat Menutrisi Rambut

Tak hanya itu, minyak kelapa juga kaya akan manfaat lho! Minyak kelapa digunakan tidak hanya untuk memasak, tetapi juga untuk kesehatan, kecantikan, dan perawatan pribadi. Satu sendok makan minyak kelapa memiliki 120 kalori, 14 gram lemak, 0 gram protein, dan 0 miligram kolesterol, jelas situs Street.

Minyak kelapa adalah pelembab alami untuk rambut. Dengan pemakaian yang teratur, minyak kelapa dapat membuat rambut menjadi lembut dan terawat. Minyak kelapa juga biasa digunakan untuk mengobati luka bakar, melembabkan kulit, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Kandungan vitamin E-nya juga bisa menghaluskan kulit.

4. Kulit Bisa Digunakan Sebagai Wadah Makanan Dan Kerajinan Tangan

Setelah daging, air, dan minyak digunakan, kulit atau batok kelapa tidak dibuang. Batok kelapa digunakan untuk berbagai keperluan, mis. B. untuk makan, kerajinan tangan dan aksesoris. Jika dibentuk dengan benar, batok kelapa bisa menjadi komoditas yang berkualitas, lho!

5. Atap Dan Bahan Bangunan Bisa Dibuat Dari Daun Kelapa

Daun kelapa tidak hanya melindungi kita dari sinar matahari. Namun, daun kelapa bisa digunakan untuk berbagai keperluan! Seperti digunakan untuk membuat atap dan dinding pada bangunan tradisional.

Selain itu, daun kelapa bisa dianyam dan digunakan untuk kerajinan.Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat kerajinan tangan dari daun kelapa!

6. Kayunya Digunakan Sebagai Bahan Bangunan

Lihat saja rumah pada foto di atas, lumayan banyak kan? Ternyata, bahan utama yang digunakan untuk membangun rumah tersebut berasal dari kayu kelapa! Kayu ini dikenal kuat, kokoh, dan ramah lingkungan, menurut laman Wall Street International Magazine (Wismag).

Kayu pada pohon kelapa merupakan kayu yang keras dan memiliki kepadatan yang tinggi. Kekerasannya bervariasi antara 600 dan 900 kg / m³. Kayu ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti: B. untuk ubin lantai, kusen jendela, kusen pintu, pilar bangunan, pagar, furniture, dll.

7. Bunganya Dapat Digunakan Untuk Obat dan Batang Pada Daunnya Dapat Digunakan Sebagai Sapu

Masih banyak bagian pohon kelapa yang bisa dimanfaatkan. Seperti bunganya yang dapat digunakan untuk pengobatan, kelapa yang dapat digunakan untuk menyalakan api, batang daunnya dapat digunakan sebagai sapu, dll. Tak heran jika pohon kelapa disebut sebagai “tanaman paling serbaguna”.

Cara Bikin Kue Akar Kelapa

Bahan-bahan :

  • 500 g tepung ketan (I: merk mawar)
  • 250 gram tepung beras (I: merk mawar)
  • 2 telur
  • 200 gram margarin
  • 250 gram gula pasir (pengaduk halus: dapat mengecilkan)
  • 200 ml santan terbuat dari 1/2 butir kelapa
  • Rebus 250 ml santan dengan sedikit garam aduk hingga mendidih,kemudian dinginkan

Cara Membuat Kue Akar Kelapa :

  1. Kocok telur. masukkan tepung terigu, gula pasir, margarin.sedikit demi sedikit tambahkan santan . uleni hingga adonan kalis
  2. Siapkan cetakan akar kelapa.tuang adonan ke dalamnya
  3. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang. Cetak adonan bungkil kelapa langsung diatas kompor
  4. Goreng sampai berwarna keemasan.matikan kompor.dinginkan.simpan di gelas .

Demikian merupakan artikel cara bikin kue akar kelapa. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Selamat untuk mencobanya ketika di rumah.

Leave a Comment