cara buat cold brew

Cara Buat Cold Brew Simpel dan Anti Gagal

Para pecinta kopi pasti sudah tidak asing dengan istilah Cold Brew. Tapi, tahu kah Anda, bagaimana cara buat cold brew yang sedap? Cara buat cold brew ini bukanlah kopi panas yang ditambahkan es, tetapi kopi yang diseduh dengan menggunakan air dingin. Pembuatannya pun cukup simple hanya dengan memakai alat sederhana dengan cara manual.

Hasil seduhan menggunakan air dingin ini membuat rasa dan aroma kopi larut atau keluar dengan maksimal. Makanya air seduhan kopi cold brew lebih maksimal rasa dan aromanya. Kekurangannya kamu harus sabar menunggu beberapa jam untuk bisa menikmati kopinya. Beberapa produk mesin untuk umkm, selah satunya mesin pembuat kopi.

Kenapa Cold Brew?

cara buat cold brew

Cara populer menyeduh kopi memang memakai air panas. Dengan air panas sari kopi akan larut dengan cepat. Sebaliknya merendam kopi dengan air dingin dalam waktu lama akan memberi waktu kopi dan air untuk berinfusi lebih lama.

Tetapi hal yang penting dari merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dengan air adalah mengurangi rasa pahit biji kopi. Juga membuat rasa kopi lebih halus dan mengurangi rasa asam kopi. Mesin pembuat kopi yang mudah simpel.

Cara Buat Cold Brew Menggunakan French Press

French press adalah salah satu alat seduh kopi yang paling umum dan jiga  bisa digunakan untuk membuat kopi cold brew. Berikut adalah cara untuk membuat culd brew menggunaakn french press

Bahan yang dibutuhkan :

  • French press.
  • 30 gr bubuk kopi medium. (atau seseaikan ukuran french pressnya)
  • 300 gr air mineral dingin/suhu ruangan.
  • Timbangan.

Cara Membuat :

  1. Sedikan french press dan timbangan.
  2. Masukkan kopi yang sudah disiapkan ke dalam french press.
  3. Tuang air mineral ke dalam french press kutang lebih 80 gr.
  4. Lalu, aduk selama 20 detik hingga merata.
  5. Kemudian, tambahkan air sampai 300 gr.
  6. Letakkan plungernya dan simpan dalam kulkas selama 12-13 jam.
  7. Jika sudah 12 jam, pindah kopi dari french press ke wadah yang lain untuk menghentikan proses ekstraksinya.
  8. Nikmati kopinya bersama batu es.
  9. Selesai.

Keuntungan Menggunakan Metode Cold Brew

Metode cold brew termasuk gampang dilakukan, jadi kita dapat membuat sendiri. Karen proses ektraksinya yang cukup lama, menyebabkan cold brew mempunyai rasa asam dan pahit yang sedikit.

Jadi cukup aman diminum bagi orang yang menderita asam lambung tinggi. Dan saat proses ekstrasi itu pula kopi dapat menghasilkan rasa manis secara alami.

Untuk penyimpanan, cold brew memiliki masa simpaan yang sedikit lebih lama karena disimpan dalam lemari es dan masih bisa mendapatkan kualitas terbaiknya.

Kopi cold brew ini dapat disimpan paling maksimal selama 2 minggu.

Manfaat dari Kopi Cold Brew

Proses menyeduh kopinya yang berbeda ini menyebabkan sejumlah khasiat luar biasa bisa diperoleh dari mengkonsumsi minuman jenis ini. berikut adalah manfaatnya:

1. Meningkatkan Mood Secara Efektif

Kafein yang dihasikan pada kopi cold brew ini memiliki kemampuan tidak hanya untuk menjaga fokus tetapi juga untuk meningkatkan, mood terutama saat kita kurang tidur.

Penelitian yang dilakukan kepada 370 ribu orang menyatakan bahwa orang yang meminum kopi memiliki tingkat depresi yang lebih rentah.

2. Meningkatkan Metabolisme

Semakin tinggi metabolisme tubuh seseorang, semakin banyak pula kalori yang terbakar saat kita beristirahat. Kopi dipercaya dapat meningkatkan metabolsme tubuh seseorang sampai 11%.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam segelas kopi cold brew terkandung senyawa yang mampu melawan kondisi yang mempengaruhi jantung, seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri koroner lainnya.

Senyawa yang ditemukan dalam kopi dingin mampu meningkatkan sensitivitas dari insulin dan menstabilkan tekanan gula darah.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Baik penyakit alzheimer ataupun parkinson, keduanya bisa disebabakan karena kondisi neurodegeneratif. Hal tersebut dapat disebabkan karena matinya sel otak yang terjadi seiring berjalannya waktu.

Penyakit ini bisa berujung pada penurunan kesehatan mental dan demensia. Dengan meminum kopi cold brew, dapat menurunkan penyakit yang berhubungan terhadap penyakit ini secara efektif.

5. Membantu Kamu Hidup Lebih Lama

Umumnya, mengonsumsi kopi cold brew bisa menurunkan risiko kematian. Karena hal ini dapat mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, strokes, cedera, diabetes, kecelakaan, sistem pernapasan, maupun infeksi. Salah satu penyebabnya adalah karena kopi memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

Demikian artikelcara buat cold brew yang dapat saya sampaikan, semoga kita yang mau membaca dan mengamalkannya bisa mendapatkan manfaat, dan semoga kita selalu diberi kesehatan.

Leave a Comment