Cara Kerja Scanner LJK

Proses kerja scanner LJK atau lembar jawaban kerja tidak lepas dari sebuah alat yang disebut dengan Opscan. Opscan ini sendiri merupakan jenis scanner yang sudah sering digunakan oleh berbagai lembaga terutama saat proses pemeriksaan ujian sekolah atau pun pada saat penerimaan mahasiswa baru.

Hasil pemindaian dari Opscan yang berkualitas dan sangat akurat menjadikan scanner ini selalu popular di dunia pendidikan. Adapun keunggulan dari Opscan ini adalah karena adanya teknologi OMR atau Optical Mark Reader.

OMR inilah yang akan membaca semua tanda yang terdapat di dalam lembar jawaban komputer dan biasanya menggunakan jenis pensil 2B untuk melakukan proses pemindaian kertas jawaban yang kurang lebih berjumlah dua ribu hingga sepuluh ribu lembar dalam hitungan per jam.

Bisa dikatakan bila alat ini memang bisa membaca ratusan hingga ribuan formulir dalam hitungan detik saja untuk tiap lembarnnya. Tentu proses pemindaian ini tidak akan mampu dilakukan oleh scanner jenis biasa yang ada di pasaran.

OMR atau Optical Mark Reader juga sama sekali tidak menggunakan fitur canggih semacam pengenalan karakter atau yang biasa disebut character recognition. Fitur infa merah adalah bagian penting dalam proses pemindaian pada scanner Lembar Jawaban Kerja.

Pada proses pemindaian Lembar Jawaban Kerja, hal yang perlu diperhatikan pula ialah mengenai posisi dan bentuk kertas yang akan dipindai. Faktanya,sensor pada OMR sangatlah sensitive dan sangat tipis sehingga, jika lembar kertas jawaban Anda terlipat atau malah rusak maka akan mengakibatkan kertas jawaban tersebut tersangkut pada scanner.

Adapun langkah-langkah atau cara kerja pada scanner LJK adalah sebagai berikut :

  • Pertama, letakkan lembaran-lembaran LJK tersebut pada Opscan atau Scanner yang memiliki fitur OMR.
  • Sheet guide kemudian disesuaikan dengan ukuran pada LJK. Jika posisi sheet guide tidak tepat maka OMR bisa mengalami kemacetan.
  • Setelah posisi sheet guide sudah benar maka pada panel operator akan muncul status proses pemindaian.
  • Silahkan menekan tombol push button switches untuk memulai proses pemindaian. Proses pemindaian ini akan berlangsung pada transport bed setelah itu, LJK pun akan keluar dan terkumpul pada output stacker.

Demikianlah ulasan mengenai cara kerja scanner LJK yang bisa saya informasikan melalui artikel ini. Harapan saya, semoga ulasan di atas bisa menjadi tambahan wawasan yang bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Leave a Comment