cara membuat keripik jamur tiram

Beberapa Cara Untuk Membuat Keripik Jamur Tiram

Halo teman teman! pada artikel ini saya akan berbagi tips beberapa cara membuat keripik jamur tiram.

Pasti sudah tidak asing lagi kan sama camilan ini, keripik jamur tiram sudah sangat populer di Indonesia. Keripik ini di jual di berbagai tempat dari pinggir jalan sampai restoran.

Selain keripik jamur tiram, ada beberapa jamur lagi loh yang bisa di buat menjadi keripik. Anda bisa membaca resepnya di sini cara membuat keripik jamur.

Karena keripik ini di gemari banyak orang dari segala kalangan, maka keripik ini memiliki peluang usaha yang sangat bagus.

Untuk alat alat yang dibutuhkan untuk usaha ini juga mudah di cari salah satunya pada website rumahmesin.com. Kualitas dan harga dari mesin mesin yang di jual di website tersebut terjamin bermutu.

Nah sebelum kita ke cara pembuatannya alangkah lebih baik jika anda mengetahui bagaimana cara memilih jamur tiram yang baik dan juga manfaatnya, simak pembahasan berikut.

Cara Memilih Jamur Yang Baik dan Manfaat Jamur Tiram

Cara Memilih Jamur Yang Baik

Pastikan payungnya masih menempel sempurna

Untuk jenis jamur yang seperti jamur kancing, anda bisa memastikan kalau jamur tersebut dalam keadaan segar dan masih layak konsumsi adalah dengan cara melihat apakah payungnya masih menempel dengan bagian batang atau tidak. Jika iya payungnya masih menempel, berarti jamur tersebut masih dalam kondisi baik dan segar.

Payung yang mempinyai ukuran sama besar dengan batang juga bisa loh menjadi indikasi kalau jamur tersebut memiliki kualitas baik.

Memiliki warna yang bersih dan Cium aromanya

Dalam memilih jamur, warna dari jamur juga bisa dijadikan sebagai indikasi kesegaran dari jamur tersebut. Pastikan anda untuk memilih jamur yang bersih dengan warna tanpa ada noda yang berarti. Anda jangan memilih jamur yang memiliki noda misalnya seperti bercak cokelat, itu karena dapat menjadi indikasi kalau jamur tersebut sudah rusak dan tidak lagi segar atau bahkan sudah tidak layak di konsumsi.

Jamur yang masih segar mempunyai aroma yang khas dan juga sedap. Berbeda lagi jika jamur yang tingkat kesegaran yang sudah tidak baik, hal itu ditandai dengan aroma jamur yang tidak enak atau bahkan berbau busuk. Tentu saja aroma seperti tersebut menjadi salah satu indikasi bahwa jamur tersebut sudah tidak segar lagi dan tidak aman untuk anda dikonsumsi. 

Jangan memilih jamur yang telah terkena air

Jamur sudah terkenal sebagai salah satu tumbuhan bahan makanan yang tidak boleh untuk terkena air, hal tersebut karena akan mempengaruhi kualitas dari jamur tersebut. Oleh karena itu, alangkah lebih baik anda menghindari membeli jamur yang terdapat bulir-bulir air pada permukaannya itu karena akan mempengaruhi kualitas dari jamur tersebut.

Anda lebih baik memilih jamur yang masih terlihat segar dengan permukaan yang juga kering. Kelembapan dari jamur tersebut juga merupakan salah satu aspek utama yang akan mempengaruhi kualitas didalamn jamur itu sendiri. Pastikan anda untuk tidak memilih jamur yang berlendir, lembab, apalagi basah karena sudah pasti kualitas jamur juga akan menurun. Pilihlah jamur yang segar serta kering karena hal ini menjadi indikasi bahwa jamur yang anda pilih masih dalam kualitas yang baik untuk anda konsumsi.

Manfaat Jamur Tiram

Jamur adalah salah satu jenis tumbuhan yang bisa membentuk anyaman bercabang yang biasa disebut dengan miselium. Berbagai macam jenis jamur bisa anda ditemukan di berbagai negara salah satunya adalah Indonesia. Salah satu jenis jamur yang sama sekali tidak mengandung racun serta layak untuk anda konsumsi adalah jamur tiram ini.

Jamur tiram ialah salah satu jenis jamur yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia seringkali mengolah jamur tiram menjadi berbagai macam olahan menu masakan, seperti tumis, keripik jamur dan aneka menu lainnya. Selain mempunyai cita rasa yang gurih, jamur tiram juga mempunyai berbagai kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh anda.

Jamur tiram ini mengandung vitamin D, magnesium, kalsium, antioksidan, vitamin B, hingga protein. Beberapa kandungan yang barusan disebut diperlukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Lalu apa saja sih manfaat dan kegunaan dari jamur tiram? Simak kuy penjelasannya.

Mencegah Kanker dan Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit Kanker adalah penyakit yang paling mematikan saat ini di dunia. Oleh sebab itu, sejak dini anda harus mulai melakukan upaya untuk mencegahan penyakit itu menyerang tubuh anda. Salah satu cara alternatif untuk mencegah penyakit kanker yaitu dengan mengonsumsi jamur tiram secara rutin.

Di dalam Jamur tiram terkandung protein, vitamin C hingga zat besi yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan juga melindungi tubuh anda dari kerusakan sel. Sehingga jamur tiram ini dapat melindungi tubuh anda dari berbagai penyakit kronis, contohnya seperti penyakit jantung.

Mencegah Radikal Bebas dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kegunaan jamur tiram yang berikutnya adalah dapat mencegah masuknya radikal bebas. Radikal bebas di dalam tubuh jika tidak anda imbangi dengan antioksidan, maka radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh anda, contohnya seperti hipertensi hingga menimbulkan penyakit jantung.

Jamur tiram megandung senyawa yang berguna sebagai antioksidan sehingga bisa membantu anda dalam menangkal radikal bebas yang ada didalam tubuh.

Seseorang yang mempunyai daya kekebalan tubuh kuat bisa menurunkan risiko untuk terkena berbagai macam penyakit dari yang ringan sampai yang berbahaya. Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu dengan cara mengonsumsi jamur tiram secara rutin. Kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium hingga folat di dalam jamur tiram berperan sangat penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

Mengatasi Peradangan

Radang yaitu jenis penyakit yang ditandai dengan cedera, contohnya seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri serta virus pada salah satu atau beberapa bagian tubuh. Peradangan ini terjadi apabila tidak segara diatasi dengan cepat bisa memunculkan penyakit kronis, misalnnya penyakit jantung hingga kanker.

Manfaat jamur tiram yang satu ini yaitu sangat baik untuk mencegah peradangan pada tubuh. Sebab jamur tiram mempunyai efek anti inflamasi yang berguna untuk meredakan peradangan. Selain itu, dengan mengonsumsi jamur tiram secara teratur anda dapat menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Menjaga Fungsi Otak

Manfaat atau kegunaan jamur tiram lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan tulang. Sebab jamur tiram mempunyai kandungan vitamin K yang sangat berperan penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, dengan mengonsumsi jamur tiram secara rutin dan teratur juga dapat menurunkan risiko patah tulang.

Otak adalah salah satu organ vital bagi manusia yang berguna untuk menyusun sistem saraf pusat (SSP). Sehingga semua aktivitas tubuh manusia dari yang terkecil, seperti berjalan, berbicara sampai bernapas juga dipengaruhi oleh sistem saraf pada otak. Jika otak tidak berfungsi dengan baik dan semestinya maka bisa mengakibatkan gangguan pada sistem saraf.

Kandungan vitamin K serta kolin pada jamur tiram berperan untuk meningkatkan daya ingat dan juga memori pada tubuh anda. Sehingga kandungan tersebut dapat menjaga otak agar tetap berfungsi dengan baik dan semestinya. Tidak hanya itu, dengan anda mengonsumsi jamur tiram secara rutin dan teratur juga bisa membantu tubuh anda mencegah penyakit Alzheimer.

Menurunkan Tekanan Darah dan Mencegah Diabetes

Bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi, alangkah sebaik untuk mengonsumsi jamur tiram secara rutin. Itu karena, jamur tiram adalah sumber kalium yang berberguna efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh anda. Sehingga jamur tiram ini sangatlah cocok untuk dikonsumsi bagi yang terkena tekanan darah tinggi.

Manfaat jamur tiram yang selanjutnya yaitu dapat membantu anda mencegah penyakit diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh glukosa pada darah yang menumpuk, sehingga glukosa tersebut tidak dapat diserap oleh sel tubuh. Akibat dari hal tersebut adalah menimbulkan gangguan organ tubuh yang bisa memicu datangnya berbagai macam jenis penyakit.

Kandungan kalsium hingga vitamin K yang terkandung dalam jamur tiram berfungsi secara efektif dalam menjaga keseimbangan gula darah anda yang bisa menyebabkan penyakit diabetes. Sehingga dengan mengonsumsi jamur tiram ini secara rutin dan juga teratur bisa berfungsi menurunkan risiko untuk terkena penyakit diabetes

Udah Tau kan gimana cara memilih jamur dan manfaat dari jamur tiram, nah sekarang cuss ke cara membuat keripik jamur tiram.

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram 1:

Bahan – Bahan:

  • 238 gr jamur tiram
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm peres garam
  • Sedikit air
  • Tepung pelapis :
  • 200 gr tepung beras
  • 4 sdm tepung maizena
  • 1 sdt ketumbar bubuk (pengganti lada)
  • 1.1 /4 sdm garam

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan semua bahan yang sudah di sebutkan di atas. Cuci bersih jamur tiram dan peras hingga tuntas dengan serbet yang bersih lalu suwir-suwir jamur tipis.
  2. Haluskan semua bumbu tadi dan beri sedikit air, tuangkan bumbu ke jamur yang telah anda suwir-suwir tadi. Aduk sampai bubmbunya merata dengan jamur.
  3. Siapkan bahan tepung pelapis, beri garam, ketumbar bubuk, dan aduk sampai rata. Masukkan jamur tiram ke dalam adonan pelapis dan campur rata, angkat.
  4. Goreng jamur tiram dalam wajan yang berisi minyak panas hingga berbubah warna menjadi kekuningan, angkat dan sajikan.

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram 2:

Bahan – Bahan:

  • 200 gr jamur tiram
  • 3 sachet tepung bumbu instan (anda bisa memakai sajiku/sasa/kobe)
  • Secukupnya air

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama, suwir suwir bahan utama yaitu jamur tiram, suwir menjadi tipis saja. Tujuannya supaya saat jamur digoreng bisa renyah sampai ke dalam, garing hingga bagian jamur dalamnya. Jadi bila lembarannya masih tebal atau di suwir tapi masih tebal, garingnya akan dipermukaan saja.
  2. Selanjutnya cuci hingga bersih jamurnya, remas jamur sedikit agar airnya hilang, tiriskan.
  3. Tuangkan sebanyak 3 sachet tepung bumbu instan yang tadi sudah di siapkan ke dalam sebuah wadah (ini dijadikan sebagai tepung yang kering).
  4. Ambil kurang lebih sekitar 2-3sdm tepung serba guna tadi dan beri air secukupnya, konsistensinya sedikit agak cair ya guys. Jangan seperti membuat adonan bakwan, nanti hasilnya tidak akan krispi. Sisihkan di wadah atau baskom yang lain. (Ini akan menjadi tepung yang basah)
  5. Sementara anda membuat kedua tepung tadi panaskan minyak goreng di dalam wajan, nyala apinya sedang.
  6. Selanjutnya anda bisa tepungin jamurnya, caranya dengan masukkan jamur tiram kedalam tepung yang basah, lalu setelah itu ke tepung yang kering. Kibas kibas untuk menghilangkan tepung kering yang menempel berlebih. Pastikan tepung yang menempel jangan terlalu tebal.
  7. Setelah proses penepungan anda bisa langsung menggorengnya *TIPS>>> 2 menit pertama gunakanlah pakai api yang sedang, selanjutnya anda bisa turunkan suhu dari minyaknya, anda bisa mengecilkan nyala api lalu goreng sampai matang. JIKA ANDA MEMAKAI TIPS INI DIJAMIN JAMUR BAGIAN DALAMNYA GARING !!!!
  8. Angkat dan tiriskan, biarkan minyaknya turun hingga tuntas, setelah keripuk bersuhu ruang pindahkan dan simpan ke toples.

Wah gampang gampang banget kan teman teman. Jangan lupa mencobanya sendiri di rumah ya, camilan ini cocok banget buat ngemil ataupun untuk lauk. Semoga membantu dan Terima Kasih.

Leave a Comment