Cara Mempercepat Loading Startup Komputer

Menunggu merupakan sebuah pekerjaan yang membosankan. Sama halnya ketika kita menunggu komputer saat pertama kali dihidupkan. Saat mulai kita menekan tombol power lalu dilanjutkan proses booting sampai pada akhirnya tertampil ke sistem operasi proses ini di sebut dengan istilah star up. Proses ini terjadi di 1-5 menitan untuk yang normal tetapi ada yang lebih lambat daripada itu.

Lalu apa saja sih penyebabnya komputer begitu lambat? 

Apa saja sih penyebab dari komputer menjadi lambat ketika startup terjadi:

  • Banyak program yang berjalan saat pertama kali nyala 
  • Adanya kerusakan pada perangkat komputernya sendiri 
  • Komputer yang terinfeksi virus 
  • Sistem operasi yang bermasalah 
  • File atau sistem atau software yang besar membuat waktu jadi lebih lama 
  • Adanya aplikasi yang masuk dalam folder startup 

Lantas bagaimana langkah yang bisa dilakukan untuk mempercepat startup dari komputer sendiri? 

Ada beberapa langkah atau tips yang bisa digunakan untuk mempercepat komputer ketika startup. Apa saja itu? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan setelah mengutip dari web servicekomputerpanggilantangerang.com, antara lain: 

#. Hapus program yang tidak penting pada folder startup 

Langkah pertama yang memberi dampak signifikan agar saat startup komputer menjadi lebih cepat adalah dengan menghapus atau mematikan program-program yang berjalan ketika startup komputer. Dengan melakukan ini akan sangat menghemat kapasitas memori yang terpakai menjadikan langkah dalam start up menjadi lebih cepat. 

#. Tambah RAM 

RAM mempengaruhi kecepatan ketika komputer melakukan kegiatan start up. RAM yang terlalu kecil akan membuat kinerja komputer tidak cepat. Untuk itu perlu sekali untuk menambah kapasitas dari RAM sendiri atau meng-upgrade. Misalkan saat ini kapasitas RAM nya hanya 1 GB maka bisa tambah menjadi 2 GB atau 4 GB. 

Untuk menambah dan memilih RAM tak bisa sembarangan, bisa membawa dan bertanya ke toko komputer namun bila malas melakukanya maka anda bisa meminta bantuan ahli seperti teknisi service komputer jaksel sebagai contohnya atau di dekatn anda. Mereka ini sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan sehingga bisa membantu anda nantinya.

#. Pilih hardisk model SSD 

Hardisk model SSD ini merupakan sebuah teknologi terbaru yang didalamnya sudah menggunakan sebuah chip sehingga akan memaksimalkan fitur penyimpanan datanya sendiri. Kelebihannya adalah mampu memproses lebih cepat ketika saat booting atau startup. Ini dikarenakan model ini  punya kecepatan membaca yang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. 

#. Sesuaikan kemampuan komputer 

Tidak sedikit yang menggunakan komputer tidak sesuai dengan spesifikasi dari komputer tersebut. Yang terjadi adalah komputer bekerja diluar kemampuannya terlebih ketika menjalankan aplikasi yang berat. Solusi terbaiknya yakni dengan menyesuaikan aplikasi dengan spesifikasi komputer sendiri. 

#. Mematikan suara 

Pada saat komputer startup biasanya akan terdengar sebuah suara. Ternyata kondisi ini pun mempengaruhi kecepatan sebuah komputer dalam melakukan start up. Jadi ada baiknya untuk mematikan suara tersebut agar saat startup menjadi lebih cepat dari biasanya. 

#. Pakai satu anti-virus 

Menggunakan antivirus penting sekali untuk menjaga keamanan sistem dari virus. Namun sangat disarankan untuk memakai 1 anti-virus saja. Bila memasak antivirus terlalu banyak maka akan membuat kinerja RAM jadi bertambah. Ini terjadi di saat pertama kali komputer nyala maka anti-virus pun akan bekerja secara otomatis. 

#. Lihat kapasitas hardisk 

Jangan lupa untuk melihat atau mengecek keberadaan harddisk sendiri apakah masih memiliki tempat kosong atau sudah penuh. Bila hardisk sudah penuh seringkali saat melakukan start up akan mengalami masalah. 

#. Defrag hardisk 

Defrag merupakan langkah yang digunakan untuk mengurutkan sebuah file sehingga tersusun rapi kembali pada bagian-bagian hardisk yang sudah di haruskan. Kondisi ini sangat mempengaruhi kecepatan sebuah komputer ketika startup. Lakukan defrag secara rutin minimal 1 bulan sekali.

Leave a Comment