Cara Mengurangi Sampah Plastik

Cara Mengurangi Sampah Plastik

Kita selalu berfikir bahwa bagaimana cara mengurangi sampah plastik. Karena pada awalnya plastik digunakan sebagai solusi untuk mempermudah manusia agar bisa membawa barang dengan mudah dan ringkas tanpa harus membawa beban yang berat seperti alumunium. Plastik juga awalnya dipakai karena bisa dibentuk dengan mudah untuk menjadi apa saja menyesuaikan dengan cetakannya saja.

Meskipun demikian, penggunaan plastik harus mulai dikurangi karena membawa banyak masalah bagi lingkungan. Bisa juga dengan menggunakan mesin pencacah plastik. Banyak yang berjualan khsususnya di rumah mesin Yogyakarta Agar Anda bisa mengerti mengenai sampah plastik dan dampaknya yang berbahaya bagi lingkungan maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

Cara Mengurangi Sampah Plastik

Indonesia.go.id - Selamatkan Laut dari Sampah Plastik

1. Tidak Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap kematian banyak hewan. Dengan tidak menggunakan sedotan plastik bisa membuat sampah plastik yang Anda hasilkan menjadi jauh lebih berkurang. Jika Anda masih ingin menggunakan sedotan maka pakailah sedotan stainless yang bisa dicuci dan dipakai kembali.

2. Membawa Tas Belanja Sendiri

Kantong plastik belanja juga menjadi salah satu kontributor terbesar dari sampah plastik yang tersebar di mana – mana. Kantong plastik belanja umumnya hanya bisa digunakan untuk beberapa kali saja dan akhirnya harus dibuang begitu saja. Agar tidak mubazir maka Anda bisa menggantinya dengan menggunakan tas belanja sendiri yang berbahan dasar kain. Selain Anda bisa membersihkannya sendiri, tas berbahan kain tentunya lebih kuat dan bisa digunakan untuk berulang kali.

3. Mempunyai dan Membawa Botol Minum Sendiri

Jika Anda senang jajan di luar maka Anda bisa mengurangi penggunaan botol atau gelas plastik dengan menggunakan botol minum Anda sendiri. Bawalah sebuah botol yang berbahan dasar alumunium agar Anda bisa menyimpan air minum dingin atau panas dan tahan lebih lama untuk disimpan.

4. Membiasakan Diri Untuk Memasak Sendiri di Rumah

Siapa yang mengira bahwa dengan membiasakan diri untuk memasak sendiri makanan di rumah bisa mengurangi penggunaan plastik. Tempat makan yang disediakan oleh restoran umumnya berbahan dasar plastik HDPE. Agar Anda bisa mengurangi penggunaan plastik maka Anda bisa belajar memasak makanan Anda sendiri tanpa harus jajan di luar.

5. Membeli Barang dalam Kemasan yang Lebih besar Untuk Waktu yang Lama

Dengan mengganti barang belanjaan Anda dengan ukuran yang lebih besar bisa membuat Anda menghemat plastik pembungkus dari barang tersebut. Apabila Anda biasanya membutuhkan 2 buah deterjen ukuran kecil untuk dua bulan maka Anda bisa menggantinya dengan 1 buah deterjen berukuran besar dan dengan masa pakai yang lebih lama.

6.      Membatasi Penggunaan Microbeads

Berapa Lama Sampah Plastik Dapat Terurai? - Info Sehat Klikdokter.com

Ada sangat banyak bahan dan produk kecantikan yang menggunakan material microbeads di dalamnya. Microbeads adalah sebuah partikel – partikel berukuran kecil yang terbuat dari plastik. Jika terbawa ke air dalam jumlah yang banyak maka terdapat kemungkinan hewan bisa mengonsumsi microbeads secara tidak disengaja.

7. Memilih Es Krim Cone dibandingkan Es Krim Cup

Es krim cup biasanya menggunakan wadah plastik sebagai tempat menaruh es krimnya. Dengan memilih es krim cone maka Anda bisa menghindari untuk menggunakan wadah plastik yang hanya bisa digunakan sekali saja.

8. Hindari Mengonsumsi Permen Karet

Sesuai dengan namanya, permen karet tidak bisa hancur dengan mudah meskipun sudah dikubur di dalam tanah. Permen karet perlu diolah agar dapat hancur dan menjadi lebih aman bagi lingkungan. Hasil buangan dari permen karet juga bisa secara tidak sengaja dimakan oleh hewan dan membuatnya tersedak hingga mati.

9. Membatasi Penggunaan Plastik dalam Membungkus Paket

Saat ini pengiriman paket sudah menjadi hal yang sangat biasa. Anda bisa mengganti plastik sebagai media pembungkus dengan menggunakan kardus ataupun karton sebagai alternatifnya. Lapislah karton dengan tebal agar tidak tembus dan masuk oleh air.

Baik begitulah cara mengurangi sampah plastik. Semoga dengan kita sudah mengetahui. Kita bisa menjaga lingkungan kita dari waste itu. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment