Cara Membuat Sayur Sop Ayam Kampung Yang Lezat dan Enak

cara membuat sayur sop ayam kampung

Makanan ini berbahan dasar sayur dan ayam kampung,makanan ini di sajikan berkuah kaldu yang gurih.Berikut Cara Masak Sayur Sop Ayam.

Cara Membuat Sayur Sop Ayam Kampung Yang Lezat dan Enak

cara membuat sayur sop ayam kampung

1.Cara Membuat Sayur Sop Ayam Kampung Kembang Tahu

Bahan:

  • 2 potong sayap ayam
  • 2 buah wortel
  • 1 batang daun bawang
  • 1 lembar kulit kembang tahu
  • 2 buah kentang
  • 1 ikat buncis
  • 1/2 bungkus penyedap rasa
  • 1 batang seledri
  • 1/8 buah kol
  • secukupnya air
  • 1 sdt garam

Langkah:

  1. Potong-potong sayur wortel, buncis, kentang, kol, daun bawang, dan seledri.
  2. Panaskan panci beri air 1/2 dari panci. Setelah air mendidih masukkan sayur wortel. Setelah 5 menit masukan potongan kentang. Sambil menunggu sayur matang potong juga kulit kembang tahu dan rendam potongan dalam air.
  3. Masukkan potongan ayam, masak ayam sekitar 10 menit kemudian juga masukkan kol dan buncis,T
    tambahkan sedikit penyedap rasa dan garam
  4. Masukkan juga irisan daun bawang, seledri dan kulit kembang tahu. Aduk aduk sampai merata, setelah semua matang sajikan selagi masih panas dengan sepiring nasi hangat.

2.Cara Membuat Sayur Sop Ayam Kampung Rempah

Bahan:

  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 1 bh tomat kecil
  • 1/4 potong kecil biji pala, geprek
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe, geprek
  • 3 btr cengkeh
  • 5 btr bawang merah
  • 2 bh wortel
  • 1 tangkai daun bawang, daun seledri
  • 2 cm kayu manis
  • 1 btr kentang
  • Secukupnya Air
  • Garam, gula
  • 1/2 sdt merica bubuk

Langkah:

  1. Cuci bersih potongan ayam masukkan ayam dalam panci, tuang air lalu masak dari mulai api yang 1kecil hingga keluar kaldu sambil dibuang buih-buihnya.
  2. Tumis semua bumbu halus. Masukkan juga bumbu rempah, jahe, aduk semua hingga harum. Tuang air rebusan/kaldu ke dalam tumisan bumbu lalu aduk sebentar dan tuang tumisan bumbu tadi ke dalam kaldu yang berisi ayam.
  3. Masak semua hingga ayam matang dengan api kompor yang sedang, masukkan potongan sayuran masak hingga semua bahan matang, beri garam, gula, masukkan irisan daun bawang tomat, daun seledri aduk rata.jika sudah matang angkat dan sajikan selagi masih hangat.

3.Sup ayam jamur

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung. Cuci bersih, potong kecil
  • 3 bh baput, geprek
  • 1 btg daun bawang. Cuci bersih, iris
  • Secukupnya Garam, lada, kaldu jamur
  • 2 bh wortel, iris tipis
  • 1 genggam jamur kuping. Jerang air panas lalu potong-potong
  • Secukupnya air

Langkah:

  1. Rebus potongan ayam dengan api besar 10 menit hingga kotoran pada ayam terangkat. Buang air yang rebusan lalu keluarkan ayam dan cuci bersih ayam dengan air bersih yang bersih dan mengalir
  2. Rebus potongan ayam kembali dengan air secukupnya, tambahkan potongan bawang putih. Masak semua hingga ayam empuk. Tambahkan potongan wortel dan jamur kuping, lalu beri garam, lada, dan kaldu jamur.
  3. Terakhir tambahkan juga irisan daun bawang. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng selagi masih hangat

4.Sup ayam bening

Bahan:

  • 500 gr ayam fillet,potong.cuci.lumuri air jeruk nipis 10mnt.cuci
  • 1 btng daun bawang
  • 2 bh wortel,kupas dan potong
  • 1 btng daun seledri
  • 1500 ml air
  • 4 kuntum brokoli
  • 1 bh kentang kupas dan potong potong
  • 1 sdt merica bubuk
  • 5 bh kapri(saya ngga pake)
  • 1/2 bh bawang Bombay cincang kasar
  • 2 siung bawang putih memarkan(saya iris),kalian bisa menggunakan mesin pengupas bawang.
  • Minyak untuk menumis

Langkah:

  1. Rebus semua ayam sampai empuk, lalu buang air yang kotor.
  2. Tuang air 1000ml, rebus lagi hingga mendidih.
  3. Panaskan wajan beri minyak, tumis semua bumbu, bawang Bombay dan bawang putih sampai harum. Masukan bumbu tadi ke rebusan ayam bersama sedikit garam, merica dan gula.
  4. Lalu tambah potongan wortel,kentang dan brokoli. Aduk merata. Tambahkan irisan daun bawang dan seledri, rebus sampai empuk sayur empuk, setelah matang angkat dan sajikan selagi masih hangat.

5.Cara Membuat Sayur Sop Ayam Kampung kuah kuning

Bahan:

  • 8 potong ayam kampung
  • 1 cm Kunyit (cincang)
  • 2 Siung Bawang Putih (geprek)
  • 2 Lembar Daun Jeruk (sobek)
  • 3 Siung Bawang Merah (iris tipis)
  • 2 cm Jahe (memarkan)
  • Garam
  • 1 batang Serai (memarkan)
  • 2 Lembar Daun Salam (sobek)
  • 1 buah Cabai (sesuai selera)
  • 500 ml Air (Secukupnya untuk merendam ayam)

Langkah:

  1. Panaskan panci beri air ke dalam panci hingga mendidih. Sembari menunggu air siapkan bumbu yang diperlukan. Cuci bersih semua potongan ayam.
  2. Apabila air dalam panci telah mendidih masukkan juga semua bumbu yang telah disiapkan tadi kedalam air termasuk juga sedikit garam. Tunggu semua hingga air berubah warna kekuningan kira-kira 5 menit
  3. Masukkan potongan ayam kedalam panci, rebus ayam hingga matang. Sembari menunggu ayam matang sisihkan darah dari ayam menggunakan sendok dan buang.
  4. Tutup panci dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu cicipi kembali rasa kuahnya apabila ada kurang asin tambahkan kagi garam. Tutup kembali panci sekitar 5 menit agar bumbu meresap ke ayam

Mungkin itu yang bisa di sampaikan informasi tentang cara memasak sayur sop ayam yang mudah dan enak, semoga informasi bisa bermanfaat buat pembaca. Sekian dan Terimakasih.

Cara Membuat Toping Pisang Nugget Warna-Warni Menarik

cara membuat toping pisang nugget warna warni

Toping yang menarik akan membuat minat pembeli semakian banyak karena makanan yang menggugah selera.Berikut Cara Membuat Topping Pisang Nugget Warna-Warni.

Cara Membuat Toping Pisang Nugget Warna-Warni Menarik

cara membuat toping pisang nugget warna warni

1.Glaze matcha

Bahan-bahan:

  • 5 sdm gula halus
  • 4 sdm matcha bubuk (aku pakai chocolatos matcha)
  • 1 sdm kental manis putih
  • secukupnya Air

Langkah:

  • Campur semua bahan-bahan,aduk merata jangan sampai adonan terlalu cair, sekitar 1,5 sdm air.adonan bisa langsung digunakan atau simpan di kulkas

2.Glaze Coklat Warna Warni

Bahan topping cokelat:

  • 400 gr coklat batang
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdm gula halus

Bahan topping warna putih:

  • 400 gr coklat putih batang
  • 1 sdt perasa vanila
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdm gula halus

Bahan topping warna-warni:

  • 150 gr gula halus
  • 100 gr cokelat putih batang
  • Beberapa ml perasa jeruk/green tea dan lain sebagainya
  • 2 sdm mentega

Cara membuat:

  1. Glaze ganache cokelat
  2. Iris-iris cokelat batang hingga ukuran kecil dan tipis.
  3. Rebus air dalam panci kecil hingga mendidih. Taruh cokelat di mangkuk tahan panas.
  4. Panaskan adonan coklat di atas air mendidih, aduk-aduk hingga coklat meleleh.
  5. Masukkan bahan lain, gula halus dan mentega, aduk semua hingga rata tidak ada yang menggumpal.
  6. Untuk topping Cokelat, jika coklat sudah cair dan tidak menggumpal bisa langsung digunakan.
  7. Jika ingin membuat topping yang warna putih atau warna-warni, berikan coklat perasa vanila atau perasa yang warna-warni terakhir, setelah dicampurkan aduk merata langsung bisa dijadikan topping.
  8. Setelah mencelupkan permukaan nugget biarkan dingin dulu agar mengental atau mengeras. Pisang nugget topping sudah jadi dan siap dinikmati.

3.Topping Donat Tiramisu

Baru-baru ini ada sebuah jajanan kuliner digegerkan dengan varian rasa yang baru yaitu tiramisu. Rasa tiramisu yang manis tetapi nggak bikin enek inilah yang membuat tiramisu banyak orang jadi suka. Alhasil, tiramisu sudah banyak sekali dijadikan topping untuk berbagai jajanan kuliner seperti contohnya:nugget pisang, roti kukus, kue cubit, martabak manis, dan masih banyak lagi guys. Dijamin rasanya bakal bikin pisang nugget kamu ciamik deh.

Cara bikinnya juga sangat gampang, kamu tinggal menyiapkan 300 gr white cooking coklat atau coklat putih Batang leleh dan kopi instan tanpa ampas(bisa sesuai selera). Kemudian kamu celupkan bagian atas nugget ke dalam coklat lelehnya dan yang terakhir taburi dengan kopi instan, topping tiramisu sudah jadi siap sajikan

4.Topping Donat Dari Coklat Batang

  1. Cara dan resep membuat topping selanjutnya bisa dibilang mudah yang paling banyak digunakan. Karena selain caranya yang gampang bahannya juga mudah dicari.
  2. Pertama-tama kamu siapkan 500 gr coklat batang, 2 sdm madu, 1 sdm margarin, dan 50gr susu segar.
  3. Cara bikin nya yaitu kamu rebus semua susu sampai mendidih, lalu sisihkan
  4. Lalu masukkan juga potongan coklat batang, madu serta margarin, lalu aduk merata.
  5. Setelah semua selesai matikan kompor. Nah, selesai kamu tinggal celupkan nugget ke dalam nya.

5.Topping Donat Dari Butter dan Susu

  1. Langkah membuat topping yang ini bisa dibilang lebih sederhana tapi jangan salah soal akan rasa, dijamin nggak kalah enak dengan topping yang lainnya.
  2. Cara bikin adonannya, pertama siapkan 4 sdm butter, gula bubuk dan susu bubuk. Kemudian, panaskan panci kecil lalu lelehkan butter sampai warna berubah menjadi agak coklat.
  3. Masukkan juga bahan lain, susu dan gula bubuk secara perlahan sampai tekstur adonannya sesuai dengan yang diinginkan dan angkat, selesai.
  4. Cara beri toppingnya, kamu bisa celupkan nugget tadi ke dalam adonan topping tadi.

6.Topping Donat Keju

  1. Keju juga sangat menjadi primadona nya jajanan kuliner . Terbukti dengan sudah banyak banget jajanan dengan varian rasa keju. Apalagi untuk topping makanan dijamin nggak kalah enak juga dengan keju yang kamu buat.
  2. Cara membuatnya juga sangat gampang ,kamu tinggal menyiapkan 200 gr buttercream dan juga 100 gr keju balok parut. Cara beri toppingnya tinggal mengoleskan buttercream ke pisang nugget lalu taburi dengan parutan keju. Selesai siap di sajikan.

jika kalian ingin menjadikan resep pisang nugget dan resep topiing,kalian bisa menggunakan penggorengan Deep Fryer.

Mungkin itu yang bisa di sampaikan, info tentang Cara Membuat Topping Pisang Nugget Warna-warni, semoga bisa bermanfaat buat pembaca. Sekian dan Terimakasih.