defibrillator adalah

Mengenal Alat Kejut Jantung Defibrillator

Defibrillator adalah alat medis yang berfungsi untuk memberikan stimulus listrik pada jantung dengan tujuan untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal karena gangguan tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang alat kesehatan yang satu ini, simak pembahasan selengkapnya di artikel ini.

Mengapa Defibrillator Dibutuhkan ?

Sebagaimana kita sudah ketahui diatas bahwa fungsi defibrillator adalah untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal. Hal ini tentu sangat penting. Juga perlu diketahui bahwa irama jantung yang tidak normal di sini adalah irama jantung yang mengancam jiwa seperti fibrilasi ventrikel. Atau kebanyakan mengenali ini sebagai serangan jantung mendadak.

Salah satu cara penanganan pada korban serangan jantung mendadak dimana jantung mengalami fibrilasi ventrikel adalah dengan RJP (Resusitasi Jantung Paru) dan tindakan defibrilasi (pemberian kejutan listrik dengan jumlah energi tertentu untuk mengejutkan jantung). Pemberian kejutan listrik tersebut dilakukan dengan menggunakan defibrillator.

Komponen Defibrillator

Komponen utama alat defibrillator adalah Mesin defibrillator yang didalamnya terdapat beberapa komponen elektronik seperti Kapasitor (penyimpan tegangan listrik dalam waktu sementara), transofrmator step up (penaik tegangan dari baterai), dan komponen lain. Selanjutnya listrik ditransmisikan melalui pelat elektroda yang ditempelkan di dada pasien. Energi diseting sesuai dengan kebutuhan dan analisa irama jantung, tidak boleh terlalu besar karena dapat merusak jantung, dan juga tidak bisa terlalu kecil karena tidak akan berpengaruh.

Jenis – Jenis Defibrillator

Umumnya terdapat dua macam jenis defibrillator di pasaran. Anda bisa kunjungi toko alat kesehatan yang jual defibrillator di internet. Dua jenis tersebut adalah defibrillator otomatis (AED) dan defibrillator manual. Sebenarnya ada lagi jenis lainnya yaitu defibrillator internal atau defibrillator yang penggunaanya langsung pada jantung. Tidak digunakan dari luar jantung (dada).

Dimana Defibrillator Sebaiknya Ditempatkan

Jika anda pernah berkunjung ke Eropa. Banyak negara – negara di Eropa sudah menerapkan sistem keselamatan yang baik seperti menempatkan alat defibrillator di tempat – tempat keramaian seperti universitas, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan tempat – tempat lain yang banyak dikunjungi orang. Jenis defibrillator yang ditempatkan di sini adalah jenis defibrillator otomatis atau AED yang dapat bekerja secara otomatis sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Leave a Comment