Transaksi di mesin edc

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan Mesin EDC

Apasin mesin edc itu ? dan kegunaannya apa ya. Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui mesin edc itu untuk apa dan fungsinya. Mesin EDC atau Electronic Data Capture merupakan sebuah alat yang dikeluarkan oleh bank-bank penyedia untuk mempermudah transaksi jual beli di toko, merchant ataupun cafe-cafe.

Agar kita semakin paham tentang mesin edc, ada baiknya kita mengetahui hal-hal apa saja yang cukup penting di mesin edc. Disimak yuk!

1.) Biaya transaksi di Mesin EDC ditanggung Toko atau merchant, bukan ke pengguna

Mungkin sebagian pengguna kartu kredit atau debit sering bertanya-tanya, biaya transaksi pada mesin edc setelah kita melakukan pembayaran ditanggung oleh siapa. Yup biaya transaksi yang berlangsung di mesin edc itu ditanggung oleh penyedia (toko, merchant, cafe dan lainnya) bukan ditanggung oleh kita sebagai pembeli.

2.) Transaksi di mesin edc menggunakan kartu kredit tidak dikenakan biaya

Setelah kita mengetahui biaya transaksi dibebankan kepada penjual, namun adahal yang berbeda. Penjual tidak akan dikenakan biaya transaksi mesin edc jika si pembeli menggunakan kartu kredit. Yup jika si pembeli membayar menggunakan kartu kredit, penjual tidak akan dibebankan biaya transaksi.

3.) Transaksi di mesin edc bisa saja gagal

Tidak semua transaksi yang dilakukan di mesin edc berhasil. Yup karena sebuah mesin pasti ada saja error ataupun kesalahan saat melakukan transaksi di mesin edc. Ada beberapa faktor transaksi bisa saja gagal di mesin edc. Contohnya saja karena lemah sinyal, hang mesin edc, mesin edc error dan banyak lagi.

Biasanya jika transaksi gagal karena error, kita sebagai penjual hanya perlu melakukan restart mesin edc agar bisa digunakan kembali. Jika memang mesin edc tetap error, ada baiknya kita menghubungi pihak bank mesin edc tersebut agar mendapatkan service atau mesin edc baru.

Itu tadi beberapa hal yang perlu kaliat tahu sebelum melakukan transaksi di mesin edc. Selain itu mesin edc juga dapat menghindari dari bentuk penipuan ataupun scaming yang juga marak terjadi belakangan ini.

Segala transaksi yang dilakukan di mesin edc akan otomatis tercatat di sistem perbankan. Hal ini bisa memudahkan kita dalam melacak atm hilang atau ada penyalahgunaan kartu yang kita miliki.

Leave a Comment