Cara membuat fried chciken

Resep Cara Membuat Fried Chicken Rumahan

Cara membuat fried chicken adalah dengan dilumuri tepung atau adonan encer yang sudah dibumbui dan digoreng dengan air pressure fryer. Cara membuat ayam goreng tepung dengan menambahkan lapisan renyah atau kerak di bagian luar ayam dan dapat mempertahankan kelembutan dan air di dalam daging.

Fried Chicken

Cara membuat fried chciken

Ayam goreng tidak hanya ditawarkan oleh gerai restoran internasional, tetapi juga di pedagang kaki lima. Meski harganya murah, tapi kelezatannya bisa ditandingi.
Ayam goreng merupakan varian ayam goreng yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Ayam goreng ala Amerika yang dibalut dengan adonan tepung yang renyah ini mudah ditemukan di mana saja.

Tidak hanya di gerai-gerai restoran cepat saji ternama, tetapi juga di pedagang kaki lima. Ayam goreng pinggir jalan ini tentunya ditawarkan dengan harga yang murah. Meski begitu, kelezatannya tak kalah dengan restoran ternama.

Cara Membuat Fried Chicken Ala Rumahan

Cara membuat fried chicken

Bahan

    null
  • 1 ekor ayam kampung dipotong menjadi 8 bagian
  • 1 liter susu
  • 25 gram gula pasir
  • 3 sdm cuka atau perasa lemon

Bumbu kering tepung :

    null
  • 500 gram tepung terigu protein sedang 1/3 sdm bubuk ketumbar
  • 1/3 sdt cabai bubuk
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1 sdm bubuk bawang bombay
  • 1/3 sdm oregano kering atau daun rosemary
  • 1/2 sdt bubuk cengkeh
  • 1/2 sdt jinten bubuk
  • 1/2 sdt jahe bubuk
  • 1/3 sdt lada hitam bubuk
  • 1/3 sdt lada putih bubuk
  • 2 sdt garam halus
  • 1/3 sdt baking powder

Cara membuat :

    null
  1. Siapkan wadah, tuangkan 1 liter susu UHT full cream. Masukkan gula, garam, cuka ke dalam mangkuk susu. Aduk rata.
  2. Masukkan potongan ayam satu persatu hingga semua potongan terendam. Tujuannya agar ayam empuk dan gurih.
  3. Bungkus wadah yang berisi rendaman ayam dengan plastik wrap. Simpan 8-24 jam di lemari es.
  4. Buat adonan tepung, dengan menempatkan tepung dalam mangkuk. Kemudian campurkan 8 jenis bubuk bumbu, lada putih, baking powder dan garam. Aduk rata. Simpan dalam wadah kedap udara dan angkat bila ingin digoreng.
  5. Setelah ayam direndam selama 24 jam, siapkan mangkuk besar untuk campuran tepung kering, serta mangkuk untuk campuran tepung basah yang terbuat dari tepung yang telah ditambahkan air, hingga benar-benar cair.
  6. Selanjutnya, ambil ayam satu per satu, masukkan ke dalam campuran tepung kering terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam campuran tepung basah, lalu masukkan kembali ke dalam campuran tepung kering.
  7. Masukkan secara merata ke dalam adonan tepung yang sudah digoreng, sambil dipijat perlahan agar tepung menempel di kulit.
  8. Setelah semua ayam ditaburi tepung, siapkan Deep Fryer Gas FRY G18V untuk menggoreng ayam. Tambahkan banyak minyak sampai ayam terendam seluruhnya, sehingga bisa garing sempurna. Pastikan minyak sudah panas, lalu goreng ayam hingga keemasan.
  9. Tempatkan dalam wadah yang dilapisi dengan handuk kertas. Ayam goreng siap disantap.

Baca Juga : Cara Membuat Friend Chicken Untuk Dijual Yang Pasti Laris dan Enak

Tips Fried Chicken Ala Rumahan Agar Renyah & Gurih

Cara membuat fried chicken

1. Pilih ayam yang tepat

Pilih ayam pedaging dengan potongan yang seragam, agar masaknya bersamaan saat menggoreng. Tapi, jika ingin lebih mudah, Anda bisa membeli daging ayam yang sudah dipotong-potong, seperti paha atas, paha bawah, dan dada.

2. Bumbu marinasi

Bumbu yang bisa digunakan adalah lada giling, bawang putih giling halus, jahe giling dan garam. Semua bahan dicampur dengan tambahan sedikit air, rendam potongan ayam dalam bumbu minimal 8 jam. Tempatkan dalam wadah tertutup dan simpan di lemari es.

3. Lapisi dengan tepung

Setelah ayam terendam dalam bumbu marinasi, Anda bisa tiriskan ayam hingga agak kering. Karena butuh waktu lama untuk mengeringkan ayam, Anda bisa menyimpannya di lemari es sambil ditiriskan. Karena jika masih basah, kemungkinan ayamnya tidak akan garing.

Proses penepungan bisa dilakukan dengan menggulingkan ayam ke dalam campuran tepung, merica, bawang putih dan garam. Lalu celupkan ke telur yang sudah dikocok. Ulangi proses ini sekali lagi, setelah dilapisi tepung bisa didiamkan beberapa saat sampai lapisan agak kering sebelum digoreng.

4. Cara menggoreng

Suhu oli itu penting. Sebaiknya gunakan api sedang dengan suhu sekitar 180 derajat Celcius. Jika terlalu panas, ayam akan lebih mudah gosong tetapi bagian dalamnya akan kurang matang.

Teknik menggorengnya juga membutuhkan deep frying alias menggunakan minyak yang banyak. Gunakan minyak dalam wajan atau wajan yang dalam dan pastikan ayam benar-benar terendam saat menggoreng. Setelah kuning keemasan, ayam bisa diangkat dan ditiriskan. Kemudian sajikan dengan saus sambal dan mayonaise.

Baca Juga : cara masak sayur lodeh sederhana

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat anda dan juga untuk menambah resep masakan dan menu makanan bunda di rumah.

Leave a Comment