Jenis-Jenis Lighting Panggung Untuk Pementasan Teater Bagian I

Jenis-Jenis Lighting Panggung Untuk Pementasan Teater Bagian I

Harga Sewa Lighting Panggung Jakarta – Dari banyaknya peralatan yang dibutuhkan untuk mementaskan suatu pertunjukan seni teater ada satu alat yang wajib dimiliki oleh penanggung jawab produksi atau pementasan teater yakni lighting panggung.

Lampu panggung ini memiliki banyak jenis, namun secara mendasar masuk dalam 2 kategori yakni flood serta spot. Yang dimaksud dengan flood merupakan cahaya dengan sinar yang menyebar sedangkan yang dimaksud dengan spot adalah sinar menyorot terarah yang kemudian membentuk titik maupun bulatan cahaya.

Sesungguhnya fungsi dari lighting panggung tidak lain untuk menghadirkan cahaya, menyinari objek, member dimensi, memberikan gambaran situasi pada tiap pemain teater serta mendukung gaya dari pementasan teater itu sendiri. Berikut ini jenis lighting panggung untuk pementasan drama teater.

Floodlight

Merupakan lampu yang memiliki kekuatan yang sangat besar tanpa lensa. Reflector dan bohlam ditempatkan di dalam sebuah kotak yang kemudian bisa diarahkan ke arah kanan maupun ke arah kiri dan arah lainnya untuk dapat mengatur jatuhnya cahaya secara alami. luas dari area penyinaran lampu ini sangat bertantung pada besar kecilnya waat serta reflector yang dipakai. Untuk lampu flood efektif menyinari objek berjarak dekat serta menyinari backdrop dari pementasan teater, sedangkan untuk lampu flood yang memakai watt lebih besr dikhususkan untuk dapat menyinari area backdrop saja atau yang lebih dikenal sebagai cyc-light. Ada sejumlah lampu flood yang sengaja dirangkai dalam satu kotak lantas digantung tepat di atas panggung biasa disebut dengan batten maupun striplight.

Ada pun fungsi dari lampu strip tidak lain untuk membantu menyinari backdrop dari arah atas, namun bila rangkaiana lampunya ditempatkan di panggung depan bawah maka ini bertujuan untuk dapat menyinari pemeran drama teater dari bawah biasa disebut sebagai footlight.

Bila rangkaian lampu strip ditempatkan di bawah namun tidak di depan panggungnya maka berfungsi untuk dapat menyinari backdrop maupun objek tertentu yang berada di bawah, bisa juga disebut sebagai groundrow.

Sebenarnya masih ada banyak jenis lighting panggung yang biasa digunakan untuk panggung teater, selanjutnya akan dijelaskan ke bagian II.

Leave a Comment