Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Sebelum menggunakan plastik, yuk cari tahu dulu jenis-jenis plastik yang bisa didaur ulang! Anak panah berbentuk segitiga menjadi tanda bahwa produk plastik tersebut bisa didaur ulang.

Jenis Jenis Plastik yang Bisa Didaur Ulang

Mayoritas masyarakat di dunia sangat dekat dengan penggunaan plastik dalam segala aktivitasnya. Tidak heran jika produksi dan penggunaan plastik di dunia ini semakin meningkat setiap tahunnya.

Meskipun plastik dekat dan berguna di semua lapisan masyarakat, itu adalah elemen yang berkontribusi terhadap dampak negatif terhadap lingkungan. Alasannya tentu saja tingkat penguraiandan kandungan zat.

Tidak hanya berdampak negatif bagi lingkungan, tidak sedikit produk plastik yang digunakan masyarakat di seluruh dunia juga berdampak negatif bagi kesehatan tubuh jika kita tidak hati-hati dalam penggunaannya.

Mengingat besarnya dampak negatif dari ketidaktahuan ini, alangkah baiknya jika setiap masyarakat mulai memahami produk plastik yang mereka gunakan. Salah satunya adalah mengetahui jenis-jenis plastik yang bisa didaur ulang.

Plastik Daur Ulang

Jika ditelisik lebih jauh, sebenarnya produsen plastik telah memberikan kode khusus, yakni logo daur ulang untuk memperkenalkan bahan plastik yang digunakan. Namun, ini menjadi masalah ketika komunitas pengguna tidak peduli dengan kode logo daur ulang.

Untuk membantu meningkatkan kesadaran tentang jenis-jenis plastik yang bisa didaur ulang, yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

Plastik PETE atau PET

Kemasan plastik dengan simbol angka 1 pada segitiga panah disebut juga dengan PETE atau PET. Simbol ini sering ditemukan pada kemasan minuman seperti air mineral atau soda. Banyak yang mengira kemasan plastik jenis ini aman, padahal kemasan PET hanya bisa digunakan sekali saja.

Jika kemasan PET digunakan berulang kali, apalagi diisi air panas, lapisan polimer plastik ini meleleh dan menghasilkan zat karsinogenik, salah satu penyebab kanker.

Plastik PET bersifat biodegradable dan karenanya dapat dengan mudah didaur ulang menggunakan mesin pencacah plastik. Faktanya, sebagian besar pengumpul atau bank sampah menerima jenis plastik ini.

2. HDPE (High Density Polyethylene)

Dari tujuh simbol daur ulang plastik, angka 2 di segitiga panah atau HDPE dianggap paling aman. Dibandingkan dengan plastik PET, plastik HDPE lebih tahan panas. Inilah sebabnya mengapa botol susu juga menggunakan jenis plastik ini.

Tidak hanya botol susu, plastik HDPE juga digunakan untuk membuat tupperware, botol air minum liter dan botol jus. Bahkan, botol sampo dan deterjen juga menggunakan kemasan plastik HDPE. Plastik HDPE mudah didaur ulang. Biasanya, plastik HDPE didaur ulang kembali ke dalam kemasan untuk deterjen, sampo atau oli.

3. LDPE (Low Density Polyethylene)

Kamu dapat menemukan plastik LDPE atau simbol angka 4 dalam segitiga panah pada pakaian, wadah makanan, atau botol. Plastik polietilen rendah ini kuat, transparan dan cocok untuk penyimpanan makanan karena sulit menyebabkan reaksi kimia pada makanan yang dikandungnya.

Namun, plastik LDPE sulit dihancurkan dan didaur ulang. Jadi, jika kamu menemukan wadah plastik jenis LDPE, sebaiknya ketahui cara mengurangi sampah plastik dengan menggunakan kembali atau daur ulang menjadi barang sederhana yang berguna seperti tempat pensil atau pot bunga mini.

4. PP (Polypropylene)

Dari sekian banyak jenis kemasan plastik, plastik dengan simbol angka 5 atau PP adalah yang paling aman untuk kemasan makanan dan minuman. Sifat plastik PP adalah kuat, ringan, penetrasi uap rendah, tahan minyak dan stabil pada suhu tinggi.

Keamanan plastik PP membuatnya cocok sebagai bahan pembuatan botol susu bayi, botol minum dan wadah makanan. Kamu bisa menggunakan kemasan plastik PP berulang kali untuk mengemas makanan dan minuman. Kemasan plastik PP dapat didaur ulang menjadi piring plastik, sapu atau mangkuk.

Nah, itulah jenis-jenis plastik yang bisa didaur ulang. Kamu bisa juga menggunakan mesin pencacah plastik dari rumah mesin untuk mendaur ulang.

Simbol daur ulang plastik diciptakan untuk memudahkan proses daur ulang plastik sesuai dengan jenisnya. Namun, kita sebagai orang normal juga perlu mengetahui arti dari simbol daur ulang ini agar dapat memilih plastik yang aman bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Yuk, pilih plastik yang ramah lingkungan!

Leave a Comment