Mengenal Macam Macam Jenis Gula

Gula adalah zat pemanis yang ada di sekitar kita. Tahukah kalian jika ternyata terdapat macam macam jenis gula?

Sebelum kita menuju ke macam macam jenis gula, sekarang kita akan cari tahu terlebih dahulu apa sih itu gula? Yuk yuk kita ulas.

Gula

Gula merupakan jenis karbohidrat yang masih sederhana dan menjadi sumber energi serta komoditas utama. Gula banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat.

Gula pada umumnya digunakan untuk mengubah rasa suatu makanan atau minuman menjadi manis dan dapat juga sebagai pengawet alami makanan atau minuman. Gula sederhana, seperti misalnya glukosa (yang mana terbuat dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam), menyimpan energi yang  nantinya akan dimanfaatkan oleh sel.

Sejarah Industri Gula di Indonesia

Sumber dari pembuatan gula di Indonesia sejak zaman dahulu adalah cairan bunga (nira) pohon kelapa atau pohon enau, serta cairan dari batang pohon tebu. Tebu merupakan tumbuhan asli dari Indonesia, terutama di daerah Indonesia timur.

Pada saat orang-orang Belanda mulai membuka koloni di Pulau Jawa, banyak kebun tebu monokultur yang juga mulai dibuka atau dimulai tanam oleh tuan-tuan tanah. Peristiwa ini terjadi pada abad ke-17, pertama kalinya ada di sekitar Batavia, kemudian berkembang luas hingga ke arah timur.

Puncak gemilang dari perkebunan tebu ini dapat tercapai pada saat tahun-tahun awal 1930-an, dengan jumlah pabrik 179 pengolahan serta dengan hasil produksinya tiga juta ton gula per tahun. Penurunan harga gula akibat krisis ekonomi merontokkan industri ini dan pada akhir dekade hanya tersisa 35 pabrik dengan produksi 500 ribu ton gula per tahun.

Situasi di Indonesia agak membaik menjelang Perang Pasifik, dengan 93 pabrik dan prduksi 1,5 juta ton. Setelah Perang Dunia II, tersisa 30 pabrik aktif.

Tahun 1950-an menyaksikan aktivitas baru sehingga Indonesia menjadi eksportir netto. Pada tahun 1957 semua pabrik gula dinasionalisasi dan pemerintah sangat meregulasi industri ini. Sejak 1967 hingga sekarang Indonesia kembali menjadi importir gula.

Macetnya riset pergulaan, pabrik-pabrik gula di Jawa yang ketinggalan teknologi, tingginya tingkat konsumsi (termasuk untuk industri minuman ringan), serta kurangnya investor untuk pembukaan lahan tebu di luar Jawa menjadi penyebab sulitnya swasembada gula.

Macam Macam Jenis Gula

1. GULA PASIR

Gula pasir merupakan gula yang banyak beredar di pasaran Indonesia. Berasal dari tanaman tebu, gula pasir memiliki ukuran butiran yang kecil, namun sedikit kasar.

Warna dari gula pasir yang dipasarkan di Indonesia ada yang putih terang dan ada juga yang sedikit kecoklatan. Gula pasir merupakan salah satu gula yang memiliki banyak fungsi. Hal ini dikarenakan gula pasir dapat digunakan sebagai pemanis minuman dan penambah rasa pada makanan.

2. GULA MERAH

Gula merah sering juga disebut dengan gula jawa. Yang mana gula ini merupakan salah satu jenis pemanis yang bisa dibilang tradisional dan banyak ditemukan di Indonesia.

Gula merah dibuat menggunakan air nira kelapa yang direbus hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Gula ini memiliki bentuk seperti setengah batok kelapa. Teksturnya sedikit lebih keras dan padat pada cetakan.

Gula merah sering dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam usaha produksi dodol. Selain itu, gula merah juga dapat disajikan sebagai penawar rasa pahit saat meminum jamu.

3. GULA KASTOR

Gula kastor merupakan pemanis yang terbuat dari gula pasir. Tekstur gula kastor ini cukup halus dibandingkan dengan gula lainnya. Gula pasir yang akan dibuat gula kastor akan ditumbuk menjadi lebih halus.

Cara menghaluskannya dengan memasukan gula pasir ke dalam wadah dan ditumbuk menggunakan ulekan. Gula kastor ini pada umumnya digunakan sebagai campuran pembuatan whipped cream.

Macam Macam Jenis Gula

Menggunakan gula kastor pada pembuatan kue sangat membantu pada proses aerasi. Selain itu, menggunakan gula kastor juga dapat mencegah gula tidak larut atau tercampur sempurna pada adonan yang berakibat permukaan kue menjadi berbintik-bintik putih. Semakin bagus kualitas dari gula kastor, maka butiran gulanya akan semakin seragam dan halus.

4. GULA BATU

Sesuai dengan namanya, gula batu ini berbentuk menyerupai batu kristal yang memiliki warna bening dengan berbagai ukuran. Gula batu dibuat menggunakan larutan air tebu yang direbus bersamaan dengan air.

Rasa dari gula batu memang tidak semanis gula pasir, tetapi gula batu memiliki rasa yang lebih legit. Biasanya gula ini digunakan sebagai salah satu campuran untuk minuman.

5. BROWN SUGAR

Brown sugar atau gula coklat dibuat menggunakan gula pasir yang dicampur dengan molase. Molase merupakan sari tebu berwarna coklat gelap bertekstur sangat kental.

Brown sugar ini memiliki aroma karamel yang begitu khas dan juga memiliki rasa legit. Gula ini biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan cookies, kopi, dan juga teh hangat.

6. GULA JAGUNG

Gula jagung atau lebih sering disebut dengan nama corn syrup identik dengan rasa manis yang begitu khas. Sebagaimana namanya, gula jagung ini tentu terbuat dari jagung.

Gula jagung dihasilkan dari hasil rebusan pati jagung yang dicampur air dengan tekstur yang kental seperti agar – agar. Jenis gula ini biasanya digunakan sebagai bahan penuambah rasa untuk biskuit, kue, dan dessert.

Kalian bisa mendapatkan gula jangung ini pada macam macam Tropicana Slim. Jadi, bisa tetap mengonsumsi manis tanpa takut diabetes.

7. GULA AREN

Gula aren merupakan gula tradisional yang terbuat dari sari atau nira pohon aren. Rasa dari gula aren lebih manis dan lebih kuat jika dibandingkan dengan gula jawa atau gula merah.Tekstur gula aren cenderung lebih kental dan memiliki warna coklat gelap atau cenderung hitam. Dengan demikian, gula aren sering digunakan dalam pembuatan bubur sumsum dan juga es dawet.

Belakangan ini, gula aren juga sering digunakan sebagai pemanis pada minuman kopi. Tidak hanya kopi tradisional, tetapi juga kopi kekinian yang disukai anak muda. 

Sudah cukup jelas bukan kenalan tentang macam macam jenis gula di Indonesianya? Jadi jangan bingung lagi ya saat memilih gula, sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Leave a Comment