10 Macam-Macam Kertas Hias Untuk Kerajinan Tangan

Sebelum membuat kerajinan kertas hias. Tentunya kita harus menentukan jenis kertas hias yang akan digunakan. Apakah kalian tahu macam-macam kertas hias untuk membuat kerajinan tangan? Kertas adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk bahan kerajinan.

Selain mudah didapat, kertas ini juga murah. Kerajinan kertas juga sangat bagus. Dengan teknik yang tepat, kita dapat menerapkan model objek tertentu. kita bisa membuat miniatur perahu, binatang, gedung, bunga, dan masih banyak lagi.

Jika Anda suka membuat kerajinan tangan atau baru memulai, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu macam-macam kertas hias apa yang biasa digunakan. untuk membuat kerajinan tertentu. Nah, berikut uraian uraian tentang beberapa macam-macam kertas hias untuk membuat kerajinan tangan yang unik dan kreatif.

Yuk Ketahui, Macam-Macam Kertas Hias!!

Berikut ini jenis-jenis kertas dekoratif yang bisa dijadikan kerajinan tangan untuk mengasah kreativitas di waktu senggang:

1. Kertas HVS

12 Macam-Macam Kertas Hias

Anda mungkin lebih sering menyebutnya sebagai HVS. Penggunaan kertas fotocopy cukup luas, dan tidak dikhususkan hanya untuk kerajinan. Jenis kertas ini lebih sering digunakan untuk kertas cetak.

Ketebalan selembar kertas fotokopi/HVS adalah dari 70 gsm hingga 100 gsm. Kertas HVS cukup nyaman untuk dipegang, tidak licin, dan cocok untuk penghobi kerajinan kertas pemula.

Baca Juga : Kenali Macam Macam Kertas dan Fungsinya (TERLENGKAP)

2. Art Paper

12 Macam-Macam Kertas Hias terlengkap

Teksturnya yang tebal memungkinkan kertas art paper dibentuk khusus hingga dicat dengan cat air atau tinta. Ada dua jenis kertas untuk papercraft yang banyak dijual di pasaran yaitu dengan permukaan licin dan glossy serta dengan permukaan semi matte. Jenis kedua disebut kertas matt. Jenis kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak brosur promosi.

3. Cardstock

kenali 12 Macam-Macam Kertas Hias

Karakter kertas cardstock ini sangat tebal dengan permukaan yang agak kasar dan dapat diletakkan dalam posisi berdiri. Seperti namanya, Anda bisa membuat berbagai pesan ucapan dari cardstock dengan pesan pribadi serta lukisan atau coretan yang indah.

4. Kertas Lipat

simak 12 Macam-Macam Kertas Hias

Orang sering menyebutnya dengan kertas origami. Tekstur kertas ini terasa agak kasar, namun ringan serta mudah dilipat dan dibentuk. Kertas lipat tersedia dalam berbagai warna cerah yang menambah keindahan hasil kerajinan tangan anda.

Negara Jepang, sebagai asal muasal kerajinan melipat kertas, memiliki versi kertas tersendiri bernama Washi. Penghobi origami Jepang menggunakan Washi untuk membuat boneka atau boneka Washi.

5. Kertas Konstruksi

Kertas konstruksi bertekstur kasar tetapi cukup fleksibel untuk dibentuk. Ciri khas dari kertas dekoratif ini adalah dilengkapi dengan penunjuk arah lipat berupa garis putus-putus. Model kertas ini cocok untuk pemula atau anak-anak yang ingin mempelajari seni origami dan kerajinan kertas.

Dibandingkan cardstock, kertas dekoratif ini lebih fleksibel dan Anda bisa memilih warna yang paling disukai si kecil. Kebanyakan kertas konstruksi dicetak dalam varian warna yang cerah dan menarik.

Jika Anda ingin membuat kerajinan kertas pop-up 3 dimensi, kertas jenis ini paling direkomendasikan.

6. Kertas Tisu

Di antara berbagai jenis kertas untuk kerajinan tangan yang jumlahnya hingga yang puluhan jenis, kertas tisu tidak pernah ketinggalan. Meski fungsi utamanya sebagai penyeka kertas, tisu masih banyak diminati, terutama untuk pembuatan kerajinan bunga kertas.

Tekstur jaringannya cukup beragam, mulai dari yang permukaannya sangat halus, hingga yang terasa kasar di tangan. Selain digunakan sebagai bunga kertas, kertas tisu juga digunakan sebagai pembungkus karangan bunga.

7. Kertas Jasmine

Fungsi utama kertas jasmine yaitu untuk mencetak undangan pernikahan. Hal tersebut wajar saja mengingat tampilannya yang mewah, cukup kental, dan ada pula yang disertai dengan glitter. Anda bisa membuat boneka kertas yang menonjol dengan kertas jasmine ini.

8. Kertas stardream

Orang awam mungkin mengira bahwa kertas stardream adalah kertas jasmine. Ini karena teksturnya yang tebal, dan permukaannya halus, mengkilat, dan agak licin. Bagi pemula sebaiknya jangan dulu menggunakan tulisan ini karena agak sulit dibentuk walaupun hasil akhirnya akan sangat berkesan.

9. Koran

Siapa sangka, koran yang menumpuk di gudang bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang indah. Anda bisa meninggalkan motif tertulis di atas kertas untuk memberi kesan artistik, atau Anda bisa mewarnainya agar orang tidak mengira bahan utama karya Anda adalah koran. Ada banyak sekali tutorial di Youtube tentang teknik pewarnaan koran yang aman yang bisa kamu coba sendiri.

10. Kertas Crepe (Krep)

Kertas krep memiliki tekstur yang tipis seperti kertas tisu, berkerut, dan sedikit melar. Jika tidak ditarik terlalu kencang, kertas krep akan kembali ke bentuk aslinya. Dulu, kertas ini sering digunakan sebagai hiasan pada acara pernikahan atau hajatan di rumah.

Warnanya sangat beragam dan bisa dipilih sesuai selera, serta harganya sangat terjangkau.Kertas krep atau kertas klobot juga digunakan untuk menghias sepeda pada parade sepeda hias untuk siswa sekolah di hari kemerdekaan.

Sekarang penggunaan kertas hias lebih sering digunakan untuk membuat hiasan bunga dibandingkan dekorasi ruangan. Jenis kertas untuk bunga kertas ini cukup mudah dibentuk dan ujungnya yang agak bergelombang terlihat seperti mahkota bunga asli.

Itulah Macam-macam kertas hias untuk kerajinan tangan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman ya. Dan ikuti terus informasi dan tips-tips terupdate hanya di web ini navarrone. See youu ^^

Leave a Comment