manfaat alat peraga pendidikan

Peran Dan Manfaat Penggunaan Alat Peraga Dalam Pendidikan

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran siswa di sekolah dapat dipastikan menarik minat dan belajar siswa. Sudah bukan rahasia lagi, hal ini seiring dan sejalan dengan tujuan dibuatnya alat – alat bantu peraga pendidikan dan juga sinkron dengan pengertian alat peraga itu sendiri. Berikut ini ulasan singkat manfaat alat – alat peraga dalam pengembangan dan peningkatan kualitas belajar siswa di sekolah.

Pengertian Alat Peraga Pendidikan

Menurut banyak pakar, alat peraga didefinisikan sebagai instrument pembelajaran bukan dalam bentuk buku yang berfungsi untuk penunjang proses pembelajaran, dengan tujuan untuk mengundang dan merangsang minta belajar siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Bisa kita jabarkan fungsi dan peragan alat peraga dalam pendidikan di segala bidang sebagai berikut :

Peran Dan Manfaat Alat Peraga Dalam Pendidikan

# Meningktkan Minat Belajar Siswa

Seorang siswa akan jenuh dan bosan ketika harus belajar dengan cara membaca buku atau hanya mendengarkan guru / dosen bercramah tentang materi yang diajarkan. Namun ketika guru menggunakan sebuah alat peraga. Siswa akan merasa tertarik dan konsentrasi mereka akan tertuju pada peraga tersebut. Siswa akan langsung bersemangat ketika melihat sebuah benda lain atau instrument yang dibawa oleh guru. Padahal itu pun sebenarnya adalah sebuah materi, namun dengan penyajian yang berbeda.

# Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa

Dengan banyaknya sumber yang dipelajari, bahkan secara real mereka belajar maka kualiats belajar siswa akan meningkat. Bayangkan sekarang anda duduk di bangku sekolah dasar dengan materi mengenal anatomi tubuh manusia. Bagaimana perasaan anda ketika guru membawa sebuah torso dengan bentuk manusia lengkap dengan organ tubuhnya.

# Sebagai Bahan Praktek Skil Yang Harus Dikuasai

Alat peraga juga digunakan sebagai bahan praktek sebelum nantinya terjun langsung dalam dunia nyata. Contoh ini banyak digunakan di sekolah – sekolah teknik dan juga kesehatan. Anda bisa bayangkan ketika calon bidan hanya belajar teori cara membantu kelahiran bayi ? Apa yang akan terjadi nanti ketika ia sudah praktek menjadi seorang bidan ? Nah, oleh sebab itu alat peraga paling banyak dan kompleks yang pernah ada adalah alat peraga kesehatan.

Tentunya masih banyak manfaat dan peran lainnya yang bisa diperoleh dari penggunaan alat peraga dalam dunia pendidikan. Intinya adalah bahwa penggunaan alat peraga ini sangat membantu dan menjadi nilai tambah yang akan meningkatkan minat dan juga kualitas pembelajaran. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Comment