MASJID NUIJIE

Masjid Nuijie adalah masjid yang bersejarah yang berada di BeijingRepublik Rakyat Tiongkok. Masjid ini dibangun pada 996 pada masa Dinasti Liao, apa itu Dinasti Liao ? Dinasti Liao adalah sebuah Dinasti yang didirikan oleh Bangsa Khitan ( sebuah bangsa minoritas yang di utara tepatnya di Tiongkok yang berada di wilayah Manchuria).

Masjid Nuijie merupakan masjid tertua yang ada di Beijing, Masjid ini telah mengalami renovasi dan perluasan beberapa kali karena komunitas Muslim Beijing yang jumlahnya sekitar 200 ribu jiwa.

Arsitektur pada masjid ini memperlihatkan desain khas Tiongkok dan Islam. Serta masjid ini juga menjadi titik awal masuknya islam di Tiongkok.

Masjid ini dibangun terbuat dari kayu untuk menyimpan beberapa prasasti yang bersejarah.     

Mengapa masjid ini disebut dengan Masjid Nuijie? Karena masjid ini memang terletak di Jalan (Jie) Sapi (Niu) atau Jalan Sapi yang di daerah Xuanwu.

Masjid ini juga terbuka untuk umum, yang artinya non muslim boleh mengunjungi Masjid Nuijie ini, tetapi ruang utama di tutup untuk orang umum. Karena usia nya yang sangat tua sekaligus masjid yang menjadi salah satu warisan Budaya China yang  harus dilestarikan oleh masyarakat dan juga pemerintah.

ARSITEKTUR MASJID NUIJIE

Luas keseluruhan bangunan pada masjid ini mencapai sekitar 6.000 0m2. Di gerbang masuk terdapat besar yang bertumpuan marmer bewarna putih yang panjangnya sekitar 40 meter.

Pada masjid Nuijie ini memiliki menara yang tingginya 10 meter yang digunakan untuk mengamatimengetahui posisi bulan guna untuk menentukan kalender Islam.  

Keseluruhan yang ada di dalam Masjid Nuijie ini adalah mencakup Ruang Sholat Utama, Tempat Pengajian, Tempat wudhu, Ruang pameran serta Menara lengkap dengan beberapa paviliun yang digunakan sebagai kantor – kantor pengurus.

Langit – langit yang berada di depan aula di dekorasi dengan panel persegi, yang pada tiap sudutnya dilukis dengan Design  lingkaran berwarna merah, kuning, hijau dan biru.

Dan di luar bangunan utama, terdapat dua buah paviliun yang terdapat salah satu batu yang bertulisan tentang sejarah masjid, prasati tersebut juga menuslikan tentang tanggal pembangunan Masjid Nuijie serta tanggal renovasi dan penambahan bangunan di setiap periode sejak Dinasti Lia.

Dibagian selatan komplek, ada hutan cemara dan dua buah makam  yang bertulisan aksara Arab milik 2 orang imam asal Persia yang berdakwah di sini, yaitu makam Ahmad Burdani (tahun 1320) dan Ali (tahun 1283).

SEJARAH MASJID NUIJIE

Masjid yang pertama kali di bangun pada tahun 966 silam, oleh dua orang kebangsaan Arab yang tinggal di daerah tersebut, pada saat zaman pemerintahan Kaisar Tonghe dari Dinasti Liao. Kemudian, pembangunan dilanjutkan pada tahun 1442 yang pada saat pemerintahan Dinasty Ming. Dan dilanjutkan lagi pada tahun 1696 pada masa Dinasti Qing.

Sejak saat Republik Rakyat China berdiri berdiri dengan resmi pada tahun 1949, masjid ini mengalami Renovasi sebanyak 3x pada tahun 1955,1979 dan 1996.

Kemudia Menara Masjid ini didirikan pada tahun 1068 dan 1077, dan difungsikan sebagai penyimpan dokumen – dokumen penting kemudian pada tahun 1496, menara masjid ini disebut sebagai menara  “Xuanlilou”.

Nuijie adalah adalah wilayah yang berpopulasi 13.000 warga muslim yang membentang dari utara ke selatan, sekitar 1 mil dari sebelah barat Kuil Surga. Dinamakan Nuijie karena warga di wilayah ini menjual masakan halal, terutama daging sapi maka dinamakan Niujie atau “Jalan Sapi”. Kawasan ini juga dipenuhi oleh toko – toko yang menjual masakan Muslim .

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubahmasjidindo.com/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a Comment