MASJID SABILAL MUHTADIN

Masjid Raya Sabilal Muhtadin adalah masjid yang besar yang berada di  Kota BanjarmasinKalimantan SelatanIndonesia, tepatnya di kelurahan  Antasan Besar.

Masjid ini dibangun di tepi barat sungai martapura dan mulai dibangun pada tahun 1981. Sabilal Muhtadin adalah nama pilihan untuk Masjid Raya Banjarmasin ini sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap Ulama besar Alm. Syekh Muhammad  Arsyad Al-Banjari (1710 – 1812) yang selama hidupnya mengembangkan agama islam di Kerajaan Banjar atau Kalimantan Selatan

Masjid Sabilal Muhtadin ini dibangun di atas tanah selus sekitar 100.000m2. pada saat zaman colonialism Belanda dengan Fort Tatas atau Benteng Tatas. Bangunan masjid ini terbagi atas bangunan utama dan menara, bangunan utama yang luasnya 5250 m2, yaitu ruang tempat ibadah 3250m2, serta ruang bagian dalam yang sebagian berlantai dua seluas 2000m2. Menara yang tingginya 45m dan 4 menara kecil yang tingginya masing – masing 21m.

Pada bagian atas terdapat kubah yang besar dengan garis tengah 38m, yang terbuat dari bahan aluminium sheet Kalcolour yang  bewarna emas dan juga ditopang oleh susunan kerangka baja. dan kubah menara kecil memiliki garis tengah 5 dan 6m.

Masjid Sabilal Muhtadin juga ada terdapat hiasan kaligrafi yang bertulisan ayat – ayat Al-Qur’an dan Asmaul Husna serta nama – nama 4 Khalifah utama.

Kaligrafi yang dibentuk dari bahan tembaga yang dihitamkan dengan pemilihan bobot yang tersirat dari ayat – ayat Al-Qur’an.

Kemudian pintu Masjid Sabilal Muhtadin, Krawang dan Railing yang keseluruhannya juga menggunakan bahan dari tembaga dengan bentuk realife yang berdasarkan seni ragam hiasa yang khas Kalimantan

Dinding serta bangunan Masjid ini, dan menara keseluruhannya berlapis marmer dan ruang untuk tempat wudhu pada dinding dan lantainya  berlapiskan dengan porselin.

Masjid Sabilal muhtadin ini juga mampu menampubg sekitar 15.000 para jama’ah ( 7.500 pada bagian dalam masjid ) dan (7.500 pada bagian halaman bangunan Masjid.  

 masjid ini memiliki ornament kaligrafi yang diambil dari Ayat-Ayat Al-Qur’an dan dibentuk (floral) tumbuh-tumbuhan yang memberikan kesan yang sangat dinamis.    

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://sinarsuryaabadi.co.id/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a Comment