Masjid Sunan Muria Kudus Yang Unik

Masjid Sunan Muria Kudus – Perkembangan ajaran Islam di Jawa sangat cepat karena adanya banyak tokoh ulama besar yang menyiarkan agama islam. Salah satu hal yang sangat penting dalam penyebaran agama islam adalah adanya Wali Songo atau sembilan wali. Salah satu wilayah penyebaran islam terletak di Jawa Tengah. Jadi tidak mengherankan bahwa banyak tempat ibadah bagi umat Islam tersebar dimana-mana, terutama di Jawa.

Sunan Muria adalah salah satu wali yang menyebarkan islam di pulau Jawa. Bukti warisan dapat dilihat dari masjid yang di bangun oleh beliau yang disebut dengan masjid Sunan Muria. Lokasinya berada kompleksmakam Sunan Muria, Colo Dawe Kudus di Jawa Tengah.

Lokasi masjid Sunan Muria Kudus sangat berbeda dari beberapa masjid lainnya. Terletak di sebuah bukit Muria yang berjarak sekitar 18 km sebelah utara dari kota Kudus. Masjid ini masih dikunjungi wisatawan, selain peziarah yang mengunjungi juga untuk melakukan shalat ketika jam digital masjid penanda adzan telah menunjukkan jadwal ibadan sholat. Lokasi sangat dingin ketinggian bukit Muria. Sengaja untuk pengunjung yang ingin mengunjungi masjid ini dan pada saat kedatangan di tempat, itu akan sangat terkejut dengan pembangunan masjid ditambah dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Kebanyakan yang mengunjungi Masjid Sunan Muria Kudus adalah mereka peziarah yang yang mengunjungi makam Sunan Muria. Karena Anda berada di atas bukit Muria, pengunjung harus melalui ketinggian 600 sampai 800. Pengunjung juga dilapisi tangga cukup lama. Tapi ketika itu, maka kelelahan berubah menjadi perasaan yang sangat tidak biasa untuk suasana disambut oleh pemandangan alam yang indah.

Keberadaan tangga ini sangat berguna bagi para peziarah ketika akan mendatangi masjid Sunan Muria. Jalan memiliki kemiringan sekitar 25 sampai 35 derajat. Jalan Untuk mendaki ditata dengan hati-hati dan rapi dengan bahan batu. Namun demikian, ada juga jasa ojek yang bisa di pakai jika dirasa tidak kuat mendaki

Selain mendaki jalan di sepanjang jalan juga ditawarkan berbagai stand minuman dan makanan lain. Mereka terlihat kompak menjajakan barang dagangan mereka. Seperti pakaian, sayuran besar dan buah-buahan serta makanan siap bersantai adalah sepanjang jalan mendaki. Sementara peziarah dapat melanjutkan perjalanan dengan sisanya dari waktu ke waktu dan menikmati makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang.

Di gunung ada juga air terjun yang indah. Air terjun ini disebut Montel air terjun. Ada juga berbagai jenis tanaman seperti anggrek, campuran sayuran, buah-buahan untuk berbagai jenis umbi-umbian. Tidak hanya itu, peziarah danpengunjung juga dapat membawa souvenir daerah dalam bentuk kerajinan kayu. Pekerjaan ini sangat menarik dan unik, yang tidak peziarah biasa dan pengunjung membeli untuk melayani sebagai kenang-kenangan atau souvenir untuk keluarganya yang berada di dalam rumah. Sekarang sekitar masjid Sunan Muria telah menyediakan fasilitas akomodasi sehingga peziarah dan pengunjung dapat tinggal dan beristirah di sana. Dia kemudian bisa mengambil pada hari berikutnya. Meskipun lokasinya di atas bukit, tetapi pengunjung dan peziarah masjid Sunan Muria selalu diisi setiap kali.

Leave a Comment