Mengenal Tipe Rumah Sakit Yang Sebaiknya Kalian Tahu

Rumah sakit di indonesia memiliki beberapa tipe, banyak orang awam tidak paham mengenail hal ini. Sehingga untuk menambah wawasan anda mengena tipe-tipe rumah sakit yang ada di indonesia. Berikut kami informasikan lebih jauh dan detail mengenai hal ini.

Semua informasi dan hal tentang pembagian tipe rumah sakit telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/Menkes/Per/III/2010. Di sana dijelaskan bahwa rumah sakit dikelompokkan berdasarkan fasilitas dan kemampuan pelayanan menjadi tipe umum dan khusus.

Rumah sakit tipe umum memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit sedangkan rumah sakit khusus memberikan pelayanan utama pada satu bidang atau jenis penyakit tertentu berdasarkan ilmu, golongan umur, organ atau jenis penyakit.

Berikut tipe rumah sakit umum :

  1. Rumah Sakit Umum Kelas A
    Untuk rumah sakit kelas A harus memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 4 medik spesialis dasar, 5 spesialis penunjang medik, 12 medik spesialis lain, dan 13 medik subspesialis.
  2. Rumah Sakit Umum Kelas B
    Untuk rumah sakit kelas B, setidaknya disediakan fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 4 spesialis dasar, 4 spesialis penunjang medik, 8 spesialis lainnya, dan 2 subspesialis dasar.
  3. Rumah Sakit Umum Kelas C
    Rumah sakit umum kelas C lebih membatasi pelayanan mediknya, yang mana paling sedikit menyediakan 4 medik spesialis dasar dan 4 spesialis penunjang medik.
  4. Rumah Sakit Umum Kelas D
    Pada rumah sakit umum kelas D sedikitnya tersedia 2 pelayanan medik spesialis dasar, dengan fasilitas dan kemampuan pelayanan yang meliputi pelayanan medik umum, gawat darurat, medik spesialis dasar, keperawatan dan kebidanan, serta pelayanan penunjang klinik dan non klinik.

Nah itu tadi informasi mengenai tipe rumah sakit yang sebaiknya anda ketahui untuk menambah wawasan anda. Untuk anda warga yang ada di tangerang, rumah sakit tangerang sudah terdapat juga beberapa tipe rumah sakit yang di sebutkan di atas. Anda tinggal mengunjungi rumah sakit sesuai kebutuhan kesahatan anda.

Leave a Comment