Peluang Usaha Es Kelapa Muda Yang Banyak Menjadi Incaran

Banyak orang yang menjadikan peluang usaha es kelapa muda sebagai kerja sampingan. Karena bahkan setiap hari banyak yang mengincar es kelapa muda. Es kelapa muda ini paling enak jika dinikmati pada saat siang hari. Bahkan tidak perlu sudah-susah mencarinya,biasanya pasti disetiap jalan ada saja yang menjualnya.

Es Kelapa Muda

peluang usaha es kelapa muda

Ada dua jenis kelapa yang mudah ditemukan di pasaran, yaitu kelapa muda dan kelapa tua. Dari segi bentuk, kedua buah kelapa ini tentunya memiliki tampilan yang sangat berbeda. Kelapa tua berukuran tidak terlalu besar dan tertutup kulit atau batok kelapa keras.

Berbeda dengan air kelapa tua yang biasanya dibuang dan daging buahnya diolah menjadi santan, air kelapa muda dibuat dari buah kelapa hijau dengan daging buah berwarna putih. Air kelapa ini sering diminum untuk sekedar melepas dahaga atau untuk mengobati berbagai kondisi tertentu karena manfaatnya bagi kesehatan.

Buah kelapa biasanya membutuhkan waktu sekitar 10-12 bulan untuk matang sepenuhnya. Namun air kelapa muda biasanya dipilih dari buah kelapa yang berumur 6-7 bulan. Makanya minuman ini disebut kelapa muda. Selain itu juga bisa menghasilkan air untuk diminum.

Buah kelapapun  dapat dikatakan juga memiliki daging buah yang warnanya putih, yang biasanya banyak orang yang bersama dengan meminum airnya. Dibalik rasanya yang enak dan kelapa pun juga menyegarkan, air kelapa muda ternyata mengandung nutrisi yang cukup baik untuk tubuh.

Berdasarkan data komposisi pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI, 100 gram air kelapa dapat menambah energi 17 kalori, 0,2 gram protein, 0,1 gram lemak, dan 3,8 gram karbohidrat. Selain itu, air kelapa menyumbang beberapa vitamin dan mineral bagi tubuh.

Mulai dari vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng. Jika Anda melihat begitu banyak nutrisi dalam segelas air kelapa, minuman ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai rasa manis.

Bahkan kelapa ini bisa di jadikan sebagai alat-alat. Contohnya cocomesh jaring sabut kelapa. Bahkan banyak yang jual cocomesh di sekitar kita. Jadi tidak perlu susah-susah mencarinya.

Peluang Usaha Es Kelapa Muda

Bahan Baku Kelapa Muda

kelapa muda  merupakan bahan baku produksi minuman segar yang hampir dapat kita temukan di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan kelapa muda, seperti biasa membelinya di pasar ataupun membelinya langsung dari pemasok dan juga petani kelapa.

Harga yang ditawarkan ke pemasok dan petani akan lebih murah jika dibandingkan membeli sendiri di pasar. Harganya berkisar kurang lebih Rp. 3.000 sampai dengan Rp. 4.000 masing-masing.

Bahan baku selain kelapa muda yang dibutuhkan adalah gula merah atau gula pasir untuk pemanis dan es batu yang dapat menambah rasa segar dan dingin. Semua bahan tersebut mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional atau supermarket.

Perlengkapan Tempat Kelapa Muda

Peralatan untuk usaha kelapa yang masih pemula ini adalah gerobak ukuran sedang. Gerobak digunakan untuk menempatkan tiga sampai empat piston es untuk isian es krim kelapa. Selain itu, satu atau dua gelas untuk isian air gula.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis pinggir jalan, pertimbangkan untuk mendirikan tenda untuk bersembunyi dari terik matahari dan hujan. Perangkat lain termasuk sendok, gelas, sedotan, plastik dan menyediakan kursi dan meja untuk pembeli yang ingin minum kelapa di lokasi.

Lokasi Usaha Es Kelapa Muda

Tempat jual  kelapa yang tepat ada di pinggir jalan karena selalu ada banyak hal yang terjadi di jalan tol. Ruang yang digunakan untuk es kelapa ini harus memiliki tempat parkir yang luas agar para pembeli yang mampir dapat dengan mudah menempatkan montor tersebut.

Menjual es kelapa di area sekolah juga menjadi pilihan yang tepat. Untuk menyewa tempat ini dengan tanah gratis ini sekitar Rp. 250.000 sampai Rp. 450.000 di setiap bulan. Untuk kios yang ukuran sedang biasanya harga sewanya berkisar antara kurang lebih Rp. 300.000 sampai Rp. 350.000 per bulannya.

Harga Es Kelapa Muda

Anda bisa menjual es kelapa ini dengan harga Rp. 2.500 sampai dengan Rp. 3.000 dalam satu gelas. Untuk kelapa muda yang dijual tiap butirnya bisa dibandrol dengan harga Rp. 6.000 sampai Rp. 10.000. Anda harus bisa mengutip harga yang sejalan dengan harga pasar.

Jika es kelapa muda yang Anda jual memiliki keistimewaan lebih dari yang lain, Anda bisa memasang harga sedikit lebih tinggi. Bisnis eskelapa muda ini bisa didukung hanya dengan satu atau dua karyawan saja. Orang-orang ini sangat membantu ketika bisnis es krim kelapa muda yang Anda jalankan telah berkembang.

Anda bisa membayar Rp. 500.000 sampai Rp. 700.000 per bulan, gaji ini bisa disesuaikan dengan keuntungan yang Anda terima.

Promosi

Cara yang bagus untuk mengiklankan dan meningkatkan minat pembeli adalah dengan membuat keranjang belanja terlihat lebih menarik. Dengan menulis gerobak dengan menu yang disediakan. Tempatkan spanduk eskelapa segar untuk mereka coba.

Resep Es Kelapa Muda

Bahan-bahan :

  • 1 buah kelapa muda
  • 1 sendok teh daun kemangi
  • Sirup melon secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Kelapa Muda :

  1. Cuci kemangi. Rendam dengan air mendidih secukupnya. Biarkan berkembang
  2. Kupas kelapa muda. Tuang air kelapa ke dalam mangkuk. Kikis isinya sesuai selera
  3. Masukkan sirup ke dalam gelas saji
  4. Tambahkan kelapa muda
  5. Kemudian tambahkan kemangi, es batu
  6. Tambahkan air kelapa secara perlahan
  7. Es Degan siap disajikan

Demikian merupakan artikel peluang usaha es kelapa muda. Semoga dapat bermanfaat dan membantu untuk kalian semua yang ingin menjajal bisnisa tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Comment