Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya

Terdapat banyak hal yang menyebabkan AC bocor, salah satunya yaitu tidak pernah dicek dan di service. Kebanyakan penyebab AC bocor yaitu terjadi kurang lebih 6 bulan setelah pembelian baru, dan 3 bulan tidak selalu di service. Maka dari itu kebocoran yang terjadi pada AC sangat lumrah terjadi.

Namun, kita melihat kondisi pada kebocoran AC tersebut merupakan masalah besar atau bukan. Sebenarnya rembesan air yang ada pada AC adalah hal normal saja. Tetapi, jika air yang dikeluarkan terlalu banyak maka kemungkinan AC mengalami masalah. Berikut ini kami ulas penyebab AC bocor.

Saluran Pembuangan Air Tersumbat

Penyebab AC bocor bisa dikarenakan tersumbat aliran dari pembuangan air tetesan pada AC. Hal tersebut dikarenakan jarang dibersihkan yang mengakibatkan menumpuknya debu dan kotoran yang melekat pada dalam AC.

Cara mengatasinya pastinya dengan membersihkan pada saluran pembuangan talang belakang. Caranya dengan melepaskan pipa sambungan pada unit indoor, dengan itu unit indoor bisa dilepaskan dari rangkaian instalasi. Setelah berhasil dilepaskan, kemudian semprot talang pada pembuangan air sampai bersih dengan kompresor atau vacum cleaner, intinya sampai seluruh kotoran keluar

Penyebab AC bocor bisa disebabkan karena pemasangan instalasi waktu pertama kalinya ada kesalahan. Pada umumnya AC dipasang agak miring ke arah luar bagian belakang agar bisa mengalir keluar menuju ke saluran pipa pembuangan. Instalasi yang tidak benar akan membuat air merembes dan menetes ke mesin dan menyebabkan kebocoran pada AC.

Kemiringan AC Kurang Tepat atau Salah Dalam Instalasi

Cara mengatasi hal tersebut pastinya dengan melakukan pemasangan ulang bisa dengan memanggil teknisi yang ahli dalam AC. Kalau ingin membenarkan senidir bisa dengan membuka chasing unit lalu mengatur kembali kemiringannya yang sesuai. SUpaya air bisa menetes dan menaglir pada jalur yang sebenarnya melalui saluran pembuangan.

Adanya Debu dan Kotoran

Penyebab AC bocor yang paling umum dan sering terjadi yaitu dikarenakan adanya kotoran, debu dan benda lainnya yang mengakibatkan saluran pembuangan tersumbat. Penumpukan debu pada saluran pembuangan akan terhalang dengan debu, sehingga air akan mencari jalur lainnya dalam AC untuk keluar. Hal ini yang akan menyebabkan kebocoran pada AC dan bisa membuat komponen elektronika pada AC rusak.

Penumpukan debu dan kotoran ini sangan berbahaya jika dibiarkan menumpuk berlama-lama, karena akan menimbulkan jamur. Sehingga dengan timbulnya jamur udara yang dihasilkan dari AC menjadikan udara runagan yang ber-AC menjadi tidak bersih dan kurang sehat.

Cara mengatasinya yaitu di lakukan secara rutin perbaikan atau service pada AC setidaknya 3-4 bulan sekali untuk membersihkan kotoran dan debu yang melekat pada unit AC.

Leave a Comment