Peralatan Yang di Gunakan Untuk Mencetak Souvenir Promosi

Jika anda saat ini tinggal pada lingkungan perusahaan ataupun pendidikan seperti sekolah ataupun kampus pasti usaha percetakan ini sangat cocok jika ingin anda jalankan, karena kebanyakan anak sekolahan pasti membutuhkan percetakan baik itu untuk mengerjakan tugas biasa ataupun untuk cetak karya tulis ilmiah. Atau bahkan untuk perusahaan sendiri ingin mencetak stiker sebagai barang promosi perusahaan.

Yang jelas jika anda memiliki niat membuka bisnis percetakan tentu anda akan bertanya-tanya tentang apa saja sih peralatan dan bahan yang akan di perlukan sebelum anda memulai membuka usaha percetakan.

Berikut ini adalah alat wajib yang harus disiapkan jika ingin melakukan kegiatan mencetak sesuatu atau membuka usaha percetakan.

#1. Printer

Printer merupakan perangkat atau peratan yang paling utama dan paling wajib Jika anda akan membuka sebuah usaha percetakan, ya jelas printer ini sudah pasti dibutuhkan sebab bagaimana mungkin kita bisa membuka usaha percetakan kalau kita saja tidak memiliki mesin cetak (printer).

#2. Memiliki Perangkat Komputer Maupun Laptop

Kalau untuk percetakan sudah pasti tidak bisa dihindarkan untuk kebutuhan komputer sebagai medianya. Baik untuk proses pengeditan dokumen yang akan di cetak, maupun keperluan-keperluan lain seperti untuk mengedit foto pesanan pelanggan. Yang jelas usaha percetakan tidak akan mungkin bisa dijalankan tanpa perangkat komputerisasi.

Untuk menghemat budget bisa pakai komputer yang memiliki spek low-end saja atau bisa juga secon. Nah karena percetakan biasanya memerlukan komputer lumayan banyak yang juga harus menyesuaikan jumlah printer yang anda miliki. Maka tips untuk mengakali besarnya biaya pembelian perangkat komputer anda dapat membeli perangkat komputer low-end atau jika tidak, anda bisa membeli komputer bekasan (second).

Yang paling penting adalah komputer yang dibeli bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi word, Photo editor dan juga aplikasi pendukung lainnya serta tidak terlalu lemot. Seperti contoh ada yang ingin mencetak stiker yang akan ditempel pada tumbler promosi, Anda harus mengeditnya dahulu agar bisa disesuaikan dengan corak dan warna pada tumbler.

Karena Anda harus mengeluarkan biaya yang sangat besar jika anda membeli komputer baru semua dan speknya high-end, dan juga belum lagi jika nantinya komputer tersebut hanya digunakan untuk mengedit teks dan juga gambar.

#3. Gunting dan Cutter

Gunting dan Cutter juga merupakan satu dari sebagian perlengkapan yang mesti dimiliki jika anda hendak memang ingin memiliki bisnis percetakan, dikarenakan Gunting dan cutter amat kerap diperlukan dalam sistem pemotongan kertas atau gambar, misal Untuk memotong Foto, memotong pinggiran kertas yang tidak rapih, dan sebagainya.

#4. Pemotong kertas/papper cutter

Pemotong kertas yang saya maksud disini adalah pemotong kertas jepit yang besar dan bisa digunakan untuk memotong kertas tebal dalam jumlah banyak sekalian ya.

Jadi bukan guting, karena jika menggunakan gunting tentu akan menghabiskan waktu. iya kalau yang ngprint masih 20 atau 30 lembar, kalau kertasnya beratus-ratus lembar tentu dapat sangat amat merepotkan sekali kan proses pemotongannya.

#5. Tapler/Steples

Anda pasti taukan kegunaan peralatan yang satu ini? stables digunakan untuk menggabungkan lembar lembaran dokumen yang telah dicetak agar tidak mudah terpisah antara satu dengan lainnya.

#6. Penggaris dan lakban hitam

Penggaris besi biasanya digunakan untuk mempermudah proses pemotongan tepi oleh cutter, tujuan penggunaannya ya tentu saja agar hasil pemotongan tepi pada laporan yang telah kita jilid/cetak akan rapi. Sedangkan lakban hitam biasanya digunakan untuk menutupi sudut potong buku yang telah di stapler.

#7. Koneksi Internet/Wifi

Kadang ada beberapa customer atau pelangan yang ingin mencetak file atau dokumen dari internet, email, atau bahkan portal kampus, jadi kalau memungkinkan siapkan koneksi internet, sehingga diperlukan memasang wifi. Atau setidaknya anda dapat siapkan satu buah komputer saja yang terpasang ke modem untuk mempermudah proses percetakan.

Leave a Comment