Periksa Keadaan Oli Mobil Secara Rutin

Itu memeriksa kondisi oli mesin karena berurusan dengan setiap mobil atau mobil, karena oli mesin selalu pelumas yang melindungi mesin, biasanya mobil yang dibuat oleh Layanan Sewa Mobil Jakarta dan sering berjalan jauh.

Tentu saja, jika tidak ada pelumas yang tersedia, mesin tidak akan bekerja karena oli akan mencegah gesekan dan merusak bagian-bagian mesin, jadi kami harus memeriksa oli secara teratur, yang sangat mudah. Lakukan sendiri.

Terkadang pemilik mobil sering menghadapi masalah, kecuali mengganti pelumas di bengkel resmi, kami lupa mengganti pelumas setiap beberapa kilometer. Karena seiring berjalannya waktu, pelumas akan berkurang, sehingga jumlah oli akan berkurang secara otomatis, dan risikonya akan berkurang.

Cukup buka tutupnya dan periksa pengukur tekanan terang (kuning) di sekitar engine. Lihatlah jumlah minyaknya. Setiap pengukur kedalaman memiliki tanda pengukur, dan jika berada di bawah ambang batas yang ditentukan, maka ini berarti bahwa jumlah minyak juga hilang

Meskipun setiap toko dengan hati-hati mengganti oli sesuai dengan rekomendasi toko, penting untuk menggunakan alat seperti tongkat untuk mengontrol volume oli. Itu hanya terjadi sebulan sekali, karena Anda dapat menambahkan beberapa. Atau ingat jika warna oli telah berubah secara signifikan dibandingkan dengan oli asli.

Untuk menjaga kinerja mesin mobil, disarankan untuk mengganti oli mesin secara berkala setidaknya 5.000 km atau mengikuti rekomendasi layanan yang disetujui. Jika Anda tahu cara memeriksa oli mobil Anda sebagai pemilik, maka sudah pasti mudah untuk mengatakan kapan harus mengganti oli. Karena oli mobil berperan penting dalam menjaga kinerja mesin mobil.

Memang benar bahwa tanpa oli mesin, mobil masih dapat memulai, hanya semua bagian dari mesin gesekan yang cacat dan mesin macet. Oleh karena itu, oli mesin mobil digunakan untuk melumasi semua bagian mobil, sehingga dapat bekerja tanpa terhalang dan bertahan lama.

Bahkan, ada banyak cara untuk memeriksa oli mesin, seperti memeriksa lampu peringatan oli. Saat menghidupkan mesin mobil, jika lampu padam dalam waktu kurang dari 3 detik, sinyal oli masih dalam kondisi baik. Namun, jika indikator tidak keluar segera setelah menghidupkan mesin, kandungan oli harus hilang dan oli harus ditambahkan. Namun, untuk hasil yang lebih akurat untuk level oli, lihat oli kendaraan sebagai berikut.

  1. Hentikan mobil di permukaan yang rata. Jika mesin hidup, hentikan mesin dan tunggu sekitar 10 menit agar oli mesin menjadi dingin.
  2. Buka penutupnya dan siapkan Skala Minyak Hancur (Skala Minyak). Pengukur kedalaman biasanya terletak di atas tumpukan mesin, dan kemudian menyeka tepi dengan kain. Harap dicatat bahwa pengukur kedalaman terbalik (miring) karena Anda tahu oli mana yang berada pada level berapa. Pada akhir skala, ada dua tanda F (penuh) dan E (kosong).
  3. Kemudian ganti pengukur oli dan seret pengukur mesin otomatis untuk memeriksa level oli mesin. Ketinggian atau ketinggian minyak dibagi menjadi tiga kondisi:

Jangan khawatir tentang bengkel, karena ini adalah cara mudah untuk memeriksa oli mobil

• Pada level minyak rendah atau kurang dari level minyak rendah (L), yaitu, jumlah minyak rendah, itu harus ditingkatkan. Oli mesin atau oli mungkin bocor di sekitar mesin.
• Oli alami atau mode antara RENDAH dan Penuh, sehingga kapasitas minyak tidak menjadi masalah
• Jumlah oli yang besar atau posisi “penuh” menunjukkan bahwa oli terlalu penuh. Terlalu banyak oli dapat menyebabkan poros berada di bawah oli, yang dapat menyebabkan mesin berat di jalan.

Menurut metode pemeriksaan oli mobil di atas, Anda dapat mengetahui kondisi oli sesuai dengan warnanya. Jika oli terlalu gelap, oli kotor dan harus diganti. Cara mengontrol oli mobil dapat diterapkan ke merek dan jenis kendaraan apa saja, seperti Innova, Honda Jazz, Xenia, Avanza, Panther, APV, dan mobil mandiri.

Dalam hal ini tidak perlu untuk pergi ke bengkel untuk memeriksa keadaan oli mesin mobil karena dapat dilakukan sendiri. Lakukanlah secara berkala terutama untuk mobil yang sering melakaukan perjalanan jauh seperti jasa sewa mobil Jakarta yang selalu melayani antar jemput penumpang sesuai jarak.

Leave a Comment