Profil Sebastian Yatra, Putus Sekolah demi Mimpi Mengejar Karir Musiknya

Profil Sebastian Yatra, Putus Sekolah demi Mimpi Mengejar Karir Musiknya

Sebastian Obando Goraldo atau yang lebih akrab disapa dengan nama Sebastian Yatra merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu Kolombia, lahir pada tanggal 15 Oktober 1994 di Medellin Antioqui Kolombia. Yatra memulai karirnya sebagai seorang artis pop Latin dan telah merekam banyak lagu bergenre Balada, tetapi ia juga berhasil merilis beberapa dingle reggaeton yang sukses besar. Nama Yatra selalu identik dengan penyanyi yang memiliki lirik lagu romantis, setiap kata yang ia tuangkan dalam lirik selalu memiliki makna mendalam dan terkesan sangat romantis.

Yatra lahir di Medellin dan sempat tinggal sebentar di Cartagena sebelum pindah bersama ibunya ke Miami pada usia lima tahun, sementara ayahnya tinggal di Kolombia untuk bekerja di real estat. Hal ini menjadi pengalaman dan pengorbanan terbesar bagi Yatra karena ia harus menjalin hubungan jarak jauh selama 12 tahun dengan sang ayah tercinta. Yatra mulai belajar piano, gitar, dan teknik vokal sejak kecil serta mendapat dukungan penuh dari keluarga tercinta. Ia juga pernah menjadi pemain sepak bola diusia remaja, namun memutuskan untuk berhenti dan berkonsentrasi pada karir musiknya. Bio & Trivia

Konser pertama yang dihadiri oleh Yatra adalah penyanyi pop Kolombia Juannes, ia juga memutuskan untuk menjadi penyanyi pada usia dua belas tahun setelah mendapatkan peran Triy Bolton dalam produksi sekolahnya di Hight School Musical. Di sekolah menengah, Yatra memainkan posisi sebagai gelandang bertahan tengah di tim sepakbola sekolahnya dan sering memakai syal di mulutnya selama latihan untuk melindungi suaranya. Dia berlatih tampil untuk rekan satu timnya di bus dan menampilkan lagi-lagu artis favorit miliknya. Yatra menempuh pendidikan kuliah di Universitas Boston untuk memperlajari Administrasi Bisnis, namun Yatra putus sekolah dan memilih fokus pada dunia musiknya tepat saat berumur 20 tahun.

Namanya menjadi terkenal di Amerika Latin pada tahun 2016 ketika ia merilis lagu Traicionera, ia telah merilis dua album studio dan merekam dengan artis dari beragam genre musik sepanjang karirnya. Ia lahir di Medellin dan dibesarkan di Miami, Yatra mulai bernyanyi di usia muda dan kembali ke Kolombia untuk memulai karir musiknya. Yatra mencapai kesuksesan breakout dengan Traicionera diikuti oleh Robarte un Beso yang menampilan Carlos Vives, Traiionera menjadi single utama untuk album debut 2018 nya. Yatra menerima kesuksesan lanjutan dengan berkolaborasi dengan Daddy Yankee, Natti Natasha, dan Jonas Brother pada single dwibahasa Runaway.  

Meskipun tumbuh besar di Florida dan fasih berbahasa Inggris, Yatra bernyanyi hampir eksklusif dalam bahasa Spanyol. Yatra menjelaskan tujuan dari ia bernyanyi menggunakan bahasa Spanyol adalah mendalami jati dirinya selama ini. Karena meskipun menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa komunikasi sehari-hari, Yatra masih merasa belum menjadi orang Spanyol yang sesungguhnya.

Pada tahun 2019, Yatra melakukan kolaborasi dengan grup pria Korea Selatan Monsta X untuk lagu Magnetik yang menampilkan syair dari Yatra dalam bahsa Sapnyol. Single lagu ini menjadi hit pop yang benar-benar terkenal secara internasional, menjadikan nama Yatra semakin terkenal secara internasional. Yatra mengungkapkan bahwa tidak ada batasan untuk mencipkan musik, ia bisa melakukan kolaborasi dengan siapa saja asalkan selera musik mereka memiliki kesamaan. Ia menambahkan bahwa keinginan terbesar dari dirinya adalah menciptakan karya musik yang bisa didengar oleh semua orang, semua golongan dan semua jenis usia dimanampun dan kapanpun.  

Sumber: https://www.gluwee.com/sebastian-yatra/

Leave a Comment