Sudah Tahu Faktor Penentu Kualitas Bordir Komputer ? Yuk Simak Ulasannya

Ketika memasuki hari raya idul fitri, banyak sekali pesanan bordiran untuk pakaian muslimah agar terlihat lebih cantik dan menarik. Pesanan bordir yang banyak, tentu sangat cocok menggunakan mesin bordir komputer agar hasilnya cepat dan efisien. Walaupun menggunakan teknologi canggih, tidak menutup kemungkinan bahwa hasil bordiran akan memiliki kualitas yang sama. Berikut faktor yang menentukan kulitas bordir yang harus diketahui.

bordir komputer

Faktor Penentu Kualitas Bordir

1. Jenis Benang yang Digunakan

Siapa sangka bahwa jenis benang dapat menentukan akan kualitas suatu bordiran. Ketika anda memutuskan menggunakan benang dengan harga murah dan kualitasnya biasa, dapat dipastikan bahwa benang tidak dapat bertahan lama, terutama kegita benang jika melewati pencucian berulang. Agar hasil bordir semakin maksimal, gunakan benang berbahan dasar rayon yang terkenal memiliki ketahanan cukup baik.

Selain kualitasnya, anda juga perlu memperhitungkan berat benang yang akan digunakan. Berat benang perlu disesuaikan dengan desain yang diinginkan konsumen, agar desain yang dibuat akan terlihat indah dan rapi. Misalnya, ketika anda mendapatkan pesanan bordir komputer dengan desain rumit, maka anda tidak bisa menggunakan benang yang terlalu berat. Sebab, benang akan cepat rusak dan hasil borsir akan terlihat tebal dan tidak sedap dipandang.

Agar hasil bordir lebih maksimal, anda bisa memilih benang yang memiliki tekstur terbaik. Ciri dari benang kualitas baik adalah teksturnya yang rapi pada setiap helainya. Ketika menggunakan benang terbaik, maka hasil bordiran akan terlihat rapi, halus, bahkan tidak terlihat adanya serat benang yang terurai. Anda juga harus memilih warna benang berkualitas tinggi dengan ciri benang berwarna tajam dan tidak mudah luntur.

2. Perhatikan Jenis Bahan yang Digunakan

Sebelum memulai membordir, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu menggunakan berbagai jenis kain yang ada menggunakan bordir komputer. Ketika melakukan uji coba ini, anda akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai bahan yang cocok untuk jenis pakaian tertentu, bagaimana cara menggunakannya, hingga bagaimaan cara terbaik untuk mecuci kain tersebut. Bisnis anda akan lebih diminati, lantaran dapat memberikan pelayanan dan tips terbaik.

Anda juga perlu memastikan bahwa bahan yang digunakan, akan cocok disambungkan dengan benang yang seperti apa. Misalnya, ketika serat kain tidak terlalu ketat, sehingga kain mudah untuk robek ataupun transparan. Ketika memiliki kain seperti itu, hendaknya gunakan benang yang tidak terlalu tebal agar hasil bordri dapat maksimal. Apabila menggunakan benang tebal di kain yang tipis, ada kemungkinan hasil bordir akan lebih tebal dan mengganggu.

3. Ketepatan Waktu Pengerjaan Bordir

Salah satu faktor penting ainnya untuk menentukan kualitas bordir, adalah dengan melihat ketepatan waktunya dalam pengerjaan bordir. Waktu dianggap sangat penting ketika konsumen memesan bordiran. Pemesanan bordir denagn jumlah banyak, berarti akan digunakna seragam ketika menghadiri acara tertentu. apabil aterjadi keterlambatan dalam pembuatan bordir, tentu dapat menimbulkan masalah.

Bagi pemilik bisnis jasa bordir komputer yang telah berpengalaman, pasti akan memberikan tenggat waktu lebih jelas, seperti detail sebuah desain hingga berapa lama perkiraan desain akan selesai dikerjakan. Apabila waktu pengerjaan desain dirasa melebihi dari waktu yang ditentukan, maka pemilik bisnis bisa menawarkan desain alternatif yang sekiranya memungkinkan untuk dikerakan dalam waktu cepat.

Pemesanan bordir dengan jumlah banyak, dirasa cocok menggunakan mesin bordir berteknologi komputer. Dengan menggunakan mesin, proses pengerjaan bordir akan lebih cepat dan efisien. Namun kualitas bordir akan tergantung dari kemampuan dan ketelitian pekerjanya. Memilih hasil bordir yang mumpuni bukanlah hal yang mudah, sebab ada saja kualitas bordir yang kurang baik akan diselipkan diantara bordiran yang bagus, sehingga merugikan konsumen.

Leave a Comment