Teknik Penting dalam Budidaya Ikan Gabus

Ikan gabus (Channa striata) merupakan ikan predator pemangsa ikan kecil, serangga, keong, dan jenis hewan air lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan ikan gabus. Setelah dewasa, ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang satu meter. Habitatnya, berada di wilayah perairan yang belum tercemar oleh pestisida.

Kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan gabus, sama dengan jenis ikan lainnya. Akan tetapi, keistimewaan dari ikan gabus adalah jumlah kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan lain yaitu sebesar 25,5%.

Diperkaya dengan protein albumin, menjadikan ikan gabus memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran. Budidaya ikan gabus tentu akan mendatangkan keuntungan besar bagi para peternak ikan.

Inilah Cara dan Teknik Budidaya Ikan Gabus

Berikut ini, akan dibahas beberapa teknik bagi kalian yang ingin memulai membudidayakan ikan gabus:

1.Pemilihan Kolam

Kolam yang digunakan untuk membudidayakan ikan gabus, ada 3 jenis yaitu kolam tanah, kolam terpal dan kolam beton. Kolam terpal sangat popular dikalangan peternak ikan. Untuk kolam tanah, kolam yang termasuk kedalam cara paling tradisional.

Sementara itu, kolam beton yang tergolong kedalam cara paling susah dalam urusan perawatan. Tapi, keunggulan dari kolam ini diantaranya: mudah dibersihkan, lebih awet serta tahan lama, saat memasuki masa panen jauh lebih mudah dibandingkan kolam terpal dan kolam tanah.

2.Induk Ikan Gabus Bagus

Maksudnya bukan jenis ikan gabus bagus ya, akan tetapi induk ikan yang memiliki kriteria mendekati sempurna. Perbedaan yang dimiliki antara induk ikan betina dan jantan, dapat terlihat melalui genital gabus jantan berwarna merah, sedangkan gabus betina genitalnya berukuran lebih besar dan bila ditekan akan mengeluarkan telur-telur kecil.

Warna tubuh yang dimiliki ikan betina sangat terang dibandingkan dengan jantan yang berwarna gelap. Memiliki bentuk kepala yang bulat untuk betina, dan oval bagi ikan jantan. Induk ikan yang dipilih, sebaiknya memiliki bobot minimal 1 Kg.

3.Pakan Ikan Gabus yang Bervariatif

Kalian yang khawatir memelihara ikan gabus karena makanan yang diberikan sulit didapatkan, tidak akan menemukan kesulitan tersebut. Jenis makanan yang dibuat sendiri, contohnya adalah daging sisa masakan dapur, anakan rayap, atau sisa ikan teri.

Bisa juga dibuat menjadi pakan super ikan gabus dengan campuran bekatul, jagung, ampas tahu, serta ikan teri yang direbus bersamaan dan digiling lalu dimasukkan kedalam mangkuk besar. Selanjutnya, tinggal diberikan kedalam kolam peliharaan ikan gabus deh. Bandingkan dengan ikan hias air tawar.

Sekian teknik umum yang digunakan untuk melakukan budidaya ikan gabus. Pemeliharaan secara terperinci, dapat kalian temukan di berbagai situs lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment