tiket kereta api jogja surabaya

Tiket Kereta Api Jogja Surabaya

Tiket Kereta Api Jogja Surabaya – Surabaya merupakan urat nadi ekonomi untuk kawasan Jawa bagian timur. Jika dilihat dari sejarahnya, kota ini termasuk salah satu kota terbesar yang ada di zaman Hindia Belanda pada abad 18 hingga 19.

Kala itu Surabaya bahkan dianggap sebagai pusat perdagangan lebih besar dibandingkan Batavia atau Jakarta. Dengan sejarah perkembangan tersebut, tidak heran mengapa hari ini Surabaya menjadi kota metropolitan terbesar ke dua setelah Jakarta di Indonesia.

Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan orang yang hilir mudik keluar dan masuk ke Surabaya. Mereka datang dari berbagai kota, termasuk dari Jogja. Kota Surabaya sendiri berjarak sekitar 329 km dari Jogja.

Masyarakat Jogja umumnya lebih memilih menggunakan kereta api untuk menyambangi Surabaya karena jaraknya yang tidak begitu jauh dan tidak pula dekat untuk ditempuh menggunakan mobil pribadi.

Untuk Anda yang belum tahu, perjalanan kereta api kelas ekonomi dari Jogja ke Surabaya tersedia melalui beberapa relasi stasiun kereta api, termasuk Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Surabaya Gubeng.

Jarak tempuh antar kedua kota tersebut berdurasi 6 hingga 7 jam. Sebagai informasi tambahan, coba simak informasi berikut!

Stasiun Lempuyangan Jogja

Stasiun Lempuyangan ialah stasiun kereta api yang beralamat di Jalan Lempuyangan, Kelurahan Bausasran Danurejan, Yogyakarta 55224.

Stasiun kereta api ini telah beroperasi sejak 2 Maret 1872 sehingga diklaim sebagai salah satu stasiun kereta api tertua di Jogja. Stasiun Lempuyangan melayani perjalanan khusus untuk kelas ekonomi dan kelas komuter atau lokal yang melintasi Yogyakarta.

Meskipun hanya melayani perjalanan kelas ekonomi, para penumpang juga semakin dimudahkan karena stasiun juga melayani pemesanan Tiket Kereta Api Jogja Surabaya secara online, ada juga fasilitas check-in ala bandara hingga area parkir yang luas.

Stasiun ini letaknya cukup strategis, yaitu hanya sekitar 1.5 km dari sebelah timur stasiun Tugu dan Malioboro yang pastinya cukup dikenal penumpang. Hanya dengan menggunakan becak atau andong yang ada di kawasan tersebut, Anda bisa langsung menuju stasiun ini.

Stasiun Surabaya Gubeng

tiket kereta api jogja surabaya

Untuk melayani perjalanan kelas ekonomi, Surabaya juga menyediakan salah satu stasiun kereta api yang bernama Stasiun Surabaya Gubeng. Stasiun ini terdiri dari dua bangunan dengan 2 pintu masuk berbeda sehingga alamatnya pun ada 2, yaitu di Jalan Stasiun Gubeng bangunan lama dan Jalan Gubeng Masjid untuk bangunan baru. Untuk rute ini, kelas ekonomi akan diberhentikan di stasiun lama.

Jika ditinjau dari segi lokasi, stasiun ini berada tepat di tengah kota dan letaknya berseberangan dengan Monumen Kapal Selam Surabaya. Biasanya masyarakat menjangkau stasiun ini menggunakan angkot atau bus.

Sebagai stasiun kelas besar, Stasiun Gubeng menyediakan 6 jalur untuk melayani perjalanan kereta api khusus selatan dan bagian timur Surabaya. Fasilitasnya juga terbilang lengkap plus modern berikut dengan fasilitas check in mandiri, sistem tiket online, gerai ATM dan sebagainya.

Armada Kereta API PT. KAI Persero Jogja Surabaya Untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat, PT. KAI sebagai badan penyelenggara jasa angkutan kereta api di Indonesia menyediakan 4 armada untuk melayani perjalanan rute Jogja Surabaya.

Beberapa armada yang dimaksudkan ialah sebagai berikut:

• KA Sri Tanjung
• KA Lowaga
• KA Pasundan
• KA Gaya Baru Malam Selatan

Demikianlah ulasan ringkas seputar stasiun hingga pemesanan tiket kereta api untuk perjalanan Jogja ke Surabaya.

Tunggu apalagi? Segera booking dan temukan tiket kereta api sesuai kebutuhan Anda melalui pemesanan sistem online dengan klik disini. Hanya dengan sentuhan jari, kini Anda bisa langsung memesan Tiket Kereta Api Jogja Surabaya dengan mudah plus murah lho.

Leave a Comment