Tips Ampuh Mengatasi Anjing Gak Mau Makan

Masalah anjing gak mau makan bisa meresahkan pemiliknya. Karena tidak bisa maksimal menjalankan fungsi tugasnya. Bagi penggemar anjing dengan memiliki hewan yang satu ini sangatlah menyenangkan. Mereka bukanlah sekedar hewan biasa. Pemilik bisa mengandalkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari penjaga rumah, teman olahraga pagi biasanya diajak jalan atau jogging, teman bermain anak, dan masih banyak lagi. Sang pemilik tentu harus konsisten dalam melakukan perawatan dan memberi perhatian. Karena jika salah atau lupa sedikit saja. Anjing akan menunjukkan reaksi yang tak biasa. Seperti reaksi sulit makan. Penyebabnya bisa dipastikan beragam, entah itu dari kesehatannya, mood, pikiran, dan lainnya. Ada cara efektif untuk mengatasi masalah itu. Mudah sekali, siapa saja bisa melakukannya.

Ada beberapa cara seperti yang dilakukan oleh minigoldendoodles.org dalam menangani masalah susah makan. Jadi tips mudahnya itu seperti ini.

  1. Waktu Makan Ditetapkan Secara Teratur

Kurangnya nafsu makan pada anjing karena jadwalnya tidak teratur. Ketika Anda menyodorkan mangkuk makanan dihadapannya dan dia tidak bereaksi. Jangan biarkan mangkuk itu terlalu lama didepannya. Karena sangat mengganggu dirinya dan membuatnya semakin malas. Segera ambil mangkuk tersebut, dan aturlah kembali jadwal makan yang tepat. Ganti dengan menu lebih variatif tiap kali makan.

  1. Menambahkan Stimulasi

Supaya anjing terangsang nafsu makannya sebaiknya beri rangsangan sederhana. Usahakan rangsangan itu diberikan saat mendekati jam makan. Supaya rasa laparnya dapat muncul secara alami. Anda bisa mencoba memberikan aroma tertentu pada makanan, atau mengaduk kudapan didepan anjing. Otomatis nafsu makannya akan bangkit. Berikanlah daging putih dengan kadar lemak yang rendah.

  1. Camilan Jangan Diberikan Terlalu Banyak

Camilan itu biasanya terdiri dari varian rasa. Saat anjing dibiasakan makan camilan, mereka jadi menurun nafsu makannya untuk memakan dog food. Padahal dog food itu kaya akan asupan gizi penting untuk tumbuh kembangnya. Biasakan untuk lebih banyak porsi makanan utama daripada camilan.

  1. Beri Vitamin dan Konsultasi Ke Dokter

Langkah terakhir dengan memberinya vitamin. Sebaiknya selama beberapa hari pemberian vitamin diperlukan. Tetapi jangan asal memberikan vitamin. Konsultasikan dulu ke dokter vitamin apa yang tepat. Bisa jadi anjing susah makan itu terkena infeksi cacingan atau masalah kesehatan lainnya. Sehingga penanganan tepat diberikan.

Tips di atas bisa Anda terapkan kapan saja. Selain mudah, Anda tidak dibuat galau oleh keadaan anjing kesayangan yang mogok makan. Bagaimanapun juga makanan itu nutrisi paling penting. Kinerja organ dan tubuh anjing dipengaruhi oleh apa yang mereka makan.

Leave a Comment